Jumat 13 Sep 2024 05:13 WIB

Lima Keistimewaan Sayyidah Aminah Selama Mengandung dan Melahirkan Rasulullah

Aminah dipilih Allah menjadi ibu dari Nabi terakhir.

Nabi Muhammad (ilustrasi)
Foto:

3. Tidak Merasakan Sakit Saat Melahirkan

Dikisahkan bahwa saat melahirkan Rasulullah SAW, Sayyidah Aminah tidak merasakan sakit yang biasa dialami wanita saat melahirkan. Ini dianggap sebagai salah satu tanda kebesaran dan keistimewaan kelahiran Nabi yang sudah ditakdirkan oleh Allah untuk membawa rahmat bagi seluruh alam.

Menjelang fajar, tepatnya pada Senin tanggal 12 Rabi'ul Awwal 571 M, yang bertepatan dengan tahun gajah, Aminah pun melahirkan anaknya yang kemudian diberi nama Muhammad. 

4. Keluarnya Cahaya Saat Kelahiran

Dalam beberapa riwayat, disebutkan bahwa saat Rasulullah SAW lahir, keluar cahaya yang terang dari tubuhnya yang menerangi istana-istana di negeri Syam. Hal ini diyakini sebagai tanda bahwa kelahiran Nabi SAW membawa cahaya petunjuk dan rahmat bagi seluruh dunia.

Dalam tafsirnya, Ibnu Katsir menjelaskan alasan mengapa hanya negeri Syam yang diterangi cahaya. Karena hal tersebut merupakan isyarat bahwa kejayaan dan kekokohan agama Islam di negeri Syam.

Diriwayatkan oleh al-Baihaqi oleh Fathimah ats-Tsaqafiyyah, bahwa ia menyaksikan detik-detik kelahiran Muhammad SAW. Ketika itu, ia melihat cahaya yang amat terang menyinari seisi rumah tempat beliau dilahirkan. Selain itu, ia juga melihat beberapa bintang bersinar turun mendekat sehingga ia merasa seolah-olah bintang-bintang itu hendak mematuhi dirinya. 

5. Ditemani Empat Wanita yang Mulia

Pada malam 12 Rabi'ul Awwal, Aminah melihat langit begitu cerah tanpa terhalang mendung sedikit pun. Ketika itu, Aminah menangis karena pada malam itu ia seorang diri di rumah. Sementara Abdul Muthalib yakni kakek Rasulullah sedang bermunajat di Ka’bah menanti kelahiran bayi yang mulia.

Tetapi saat itu juga, Allah SWT mengutus empat orang perempuan paling utama untuk menemani proses kelahiran. Keempat perempuan itu yakni Hawa istri dari Nabi Adam a.s., Sarah istri Nabi Ibrahim a.s, Aisyah binti Muzahim dan Maryam binti Imran. 

 

Kejadian-kejadian luar biasa yang dialami Aminah pada detik-detik kelahiran Nabi Muhammad juga dapat ditemukan dalam kitab An-Ni'matul Kubra 'Alal 'Alam yang ditulis oleh Syihabuddin Ahmad bin Hajar Al Haitami Ady Syafi’i. Dalam kitab ini dijelaskan bahwa Aminah mengalami kejadian-kejadian luar biasa saat 12 hari sebelum kelahiran Nabi Muhammad

 

Kisah-kisah tentang keistimewaan Sayyidah Aminah selama mengandung dan melahirkan Rasulullah SAW memperlihatkan bagaimana Allah telah mempersiapkan segala sesuatunya dengan penuh kemuliaan untuk menyambut kehadiran manusia paling mulia, Muhammad SAW, yang akan menjadi rahmat bagi seluruh alam.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement