Jumat 13 Sep 2024 05:13 WIB

Lima Keistimewaan Sayyidah Aminah Selama Mengandung dan Melahirkan Rasulullah

Aminah dipilih Allah menjadi ibu dari Nabi terakhir.

Nabi Muhammad (ilustrasi)
Foto: republika
Nabi Muhammad (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Ibunda Rasulullah SAW, Sayyidah Aminah binti Wahb, adalah sosok yang dipilih Allah untuk menjadi ibu dari Nabi terakhir. Keberkahan dan keistimewaan dari Sayyidah Aminah selama mengandung dan melahirkan Rasulullah SAW telah banyak disebutkan dalam riwayat-riwayat sejarah dan tradisi Islam. 

Berikut beberapa keistimewaan yang sering disebutkan:

Baca Juga

1. Mimpi Tanda-Tanda Kelahiran

Saat Sayyidah Aminah mengandung Rasulullah SAW, beliau mengalami beberapa mimpi yang menakjubkan. Ibnu Ishaq dalam kitab Sirah Nabawi menjelaskan mengenai mimpi Sayyidah Aminah tersebut.

Ibnu Ishaq berkata, “Banyak orang mengatakan, dan hanya Allah yang lebih tahu, bahwa Aminah binti Wahab, ibunda Rasulullah SAW bercerita bahwa saat mengandung Rasulullah ia bermimpi didatangi seseorang kemudian orang itu berkata kepadanya, “sebenarnya kamu sedang mengandung penghulu (pemimpin) umat ini . Jika dia telah lahir ke bumi, maka ucapkanlah, 'Aku berlindung kepada Allah Tuhan Yang Esa dari keburukan semua pendengki,' dan namakanlah dia Muhammad."

2. Kehamilan yang Ringan dan Diberkahi

Riwayat menyebutkan bahwa kehamilan Sayyidah Aminah terasa sangat ringan dan tidak memberatkannya. Bahkan, selama masa kehamilan, beliau merasakan kebahagiaan dan ketenangan batin yang luar biasa. Kondisi ini berbeda dengan umumnya wanita yang mengalami kelelahan atau kesulitan selama mengandung.

Prof Quraish Shihab dalam bukunya yang berjudul "Membaca Sirah Nabi Muhammad" (Lentera Hati, 2011) menjelaskan bahwa selain mengandung janin yang istimewa, Sayyidah Aminah tak sama sekali mengalami gangguan ataupun kesulitan akibat kehamilannya.

 

Tidak merasakan sakit saat melahirkan..Baca halaman selanjutnya.. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement