Selasa 06 Apr 2021 01:51 WIB

Jejak Warisan Muslim Inggris

Masjid Shah Jahan disebut sebagai titik awal Jejak Warisan Muslim Inggris.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko
Masjid Shah Jahan di Woking, Inggris
Foto:

Ahli bahasa ini kembali ke Inggris pada 1881 dengan tujuan mempromosikan pengetahuan publik tentang Islam dan budaya Islam. Dia berusaha mendirikan pusat studi, yang kemudian disebut bahasa dan sejarah "Oriental". Dia menemukan situs yang sempurna di Woking. Sebuah bangunan bata merah bergaya neo-Gotik, menjadi Leitner's Oriental Institute. Itu dibuka pada 1984.

Bertahun-tahun setelah kematian Leitner pada 1899, koleksi lembaga tersebut tersebar dan bangunannya diubah menjadi unit industri yang hampir seabad kemudian dihancurkan dan diganti dengan toko ritel. Dan yang bertahan adalah Masjid Shah Jahan, dibangun pada 1889 untuk melayani pelajar dan cendekiawan Muslim dari institut tersebut.

Masjid tersebut mengusung nama Sultan Shah Jahan, Begum dari Bhopal, yang sebagian mendanai masjid tersebut. Shah Jahan adalah salah satu dari empat penguasa wanita berturut-turut atau "Begum" dari bekas negara bagian Bhopal India antara tahun 1819 dan 1926.

"Sangat sedikit yang melestarikan kisah Muslim di Inggris," kata pendiri Everyday Muslim Heritage and Archive Initiative, Sadiya Ahmed.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement