Selasa 14 Feb 2023 14:47 WIB

Amanah Takaful Salurkan Bantuan untuk Gempa Turki

Bantuan itu berupa bantuan pangan dan medis.

Amanah Takaful melalui bendera Amanah Humanity Respons (AHR)-Amanah Global meluncurkan program Emergency Respons untuk membantu korban terdampak gempa di Turki.
Foto: Dok Amanah Takaful
Amanah Takaful melalui bendera Amanah Humanity Respons (AHR)-Amanah Global meluncurkan program Emergency Respons untuk membantu korban terdampak gempa di Turki.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Merespons gempa 7,7 Magnitudo yang terjadi di Turki dan Suriah. Amanah Takaful menjalankan misi kemanusiaan menyalurkan amanah masyarakat Indonesia dengan mendistribusikan bantuan darurat ke lokasi bencana khususnya para korban gempa di Turki.

Amanah Takaful melalui bendera Amanah Humanity Respons (AHR) – Amanah Global meluncurkan program Emergency Respons untuk membantu korban terdampak gempa di Turki. “Alhamdulilah kami telah menyalurkan bantuan berupa  pangan dan medis. Salah satunya ke Kota Antakya yang merupakan salah satu kota terdampak paling parah di Turki,” ujar Ade Abdurachman selaku direktur Amanah Takaful, melalui rilis, Selasa (14/2/2023).

Baca Juga

Dilansir AFP, Senin (13/2/2023), Otoritas Turkey’s Disaster and Emergency Management Authority (AFAD) mengkonfirmasi total korban akibat gempa berkekuatan 7,7 Magnitudo di Tuki yang terjadi Senin lalu telah mencapai 33.179 jiwa. Sebanyak 29.605 orang tewas di Turki dan 3.574 di Suriah, 80.278 orang menjadi korban luka di Turki, 6.234 orang korban luka di Suriah dan diprediksikan korban masih akan terus bertambah.

Belum lagi dampak kerusakan yang terjadi pun cukup parah dengan kerusakan berat yang tercatat sebanyak 25.921 rumah rata dengan tanah bahkan PBB menyebut sebanyak 5,3 juta orang telah kehilangan tempat tinggal di Suriah saja. Serta memberikan peringatan setidaknya 870.000 orang sangat membutuhkan makanan panas di seluruh Turki dan Suriah karena saat ini sedang menghadapi musim dingin.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengumumkan keadaan darurat selama 3 bulan di 10 provinsi yang dilanda gempa besar yang telah merenggut ribuan nyawa.

Hingga saat ini petugas penyelamat lokal dan internasional terus berjibaku melakukan pencariaan korban  mengingat banyaknya bangunan yang runtuh akibat guncangan gempa dan mendistribusikan kebutuhan mendesak untuk para korban korban seperti makanan, selimut, pakaian hangat hingga tenda  di tengah musim dingin yang mengancam masyarakat.

“Dalam penyaluran bantuan untuk masyarakat yang terdampak bencana di Turkiye, Amanah Takaful terus berkoordinasi dan berkolaborasi dengan otoritas setempat, perwakilan Indonesia serta NGO setempat agar bantuan dari masyarakat Indonesia dapat segera tersalurkan secara merata,” kata Ade.

Ia menambahkan, Amanah Takaful juga turut mengajak seluruh lapisan masyarakat Indonesia untuk turut peduli dan berbagi untuk kemanusiaan. “Membantu mereka yang terdampak dengan menyalurkan donasi secara langsung atau melalui kanal donasi online di amanahtakaful.org,” ujarnya.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement