Sabtu 30 Jan 2021 05:17 WIB

Kisah Khalifah Utsmaniyah Tuntun Kari Ann pada Islam

Keyakinan Kari Ann Owen kini berlabuh pada Islam.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Kisah Khalifah Utsmaniyah Tuntun Kari Ann pada Islam.
Foto:

"Mengapa Islam dan bukan di tempat lain? Nenek moyang ibu kandung saya adalah orang-orang Yahudi Spanyol yang hidup di antara umat Islam sampai inkuisisi mengusir komunitas Yahudi pada 1492. Dalam ingatan sejarah saya, yang saya rasakan secara mendalam, panggilan muazin sedalam heningnya lautan dan goyangan kapal, hentakan kaki kuda melintasi gurun, pernyataan cinta di hadapan penindasan," kata Owen.

Saat itu pula, Owen merasakan lahirnya sebuah cerita dalam dirinya. Drama terbentuk ketika ia mulai belajar tentang kemanusiaan seorang khalifah Utsmaniyah terhadap pengungsi Yahudi pada saat nenek moyang mereka diusir. Owen mengungkapkan, Allah membimbingnya untuk mempelajari Islam.

Ia diajari tentang Islam oleh tokoh-tokoh yang beragam seperti Imam Siddiqi dari Asosiasi Islam South Bay, ukhti Hussein dari Rahima, dan saudara angkatnya Maria Abidin, yang merupakan penduduk asli Amerika dan Muslim serta seorang penulis majalah SBIA, IQRA.

Wawancara penelitian pertamanya adalah di sebuah toko daging halal di Distrik Misi di San Fransisco. Di sana, pemahamannya tentang kehidupan Islam sangat dipengaruhi oleh wanita Muslim pertama yang pernah ia temui. Sosok Muslimah itu adalah seorang pelanggan berjilbab yang berperilaku baik dan anggun. Muslimah tersebut juga membaca, menulis dan berbicara empat bahasa.

"Kecemerlangannya, ditambah dengan sikapnya yang luar biasa tidak sombong, memiliki dampak mendalam pada awal pengetahuan saya tentang bagaimana Islam dapat mempengaruhi perilaku manusia," ujarnya.

Perjalanan penelitiannya kemudian memperkenalkan lebih banyak tentang Islam ketimbang sekumpulan fakta karena Islam adalah agama kehidupan. Owen menuturkan, ia belajar bagaimana Muslim berperilaku dengan martabat dan kebaikan yang membuat mereka di atas pasar budak Amerika dalam kompetisi seksual dan kekerasan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement