Ahad 25 Aug 2024 11:01 WIB

Paus Fransiskus, Deklarasi Jakarta-Vatikan, dan Toleransi Ansor-Pemuda Lintas Agama

Ansor dan pemuda lintas agama bertemu dengan Paus Fransiskus

Pemimpin tertinggi Vatikan, Paus Fransiskus bertemu dengan Ketum Ansor, Addin Jauharuddin dan pemuda keagamaan
Foto:

Sebelumnya Gus Addin mengatakan pertemuan dengan Paus Fransiskus ini bukanlah yang pertama dan terakhir, karena OKP Lintas agama ini akan melakukan tur perdamaian dunia dengan mengunjungi Grand Syekh Al Azhar, penerima Nobel perdamaian, dan tokoh dunia lainnya

"Kita juga akan membentuk sekretariat pemuda lintas Agama se-Asia-Fasifik di Indonesia untuk mewujudkan cita-cita deklarasi Jakarta-Vatikan tersebut," ujarnya.

Gus Addin mengatakan, dalam pertemuan tersebut dirinya menjelaskan tentang Pancasila, terutama Bhinneka Tunggal Ika.

'Kita ingin menyampaikan tentang Pancasila dan hubungan beragama di Indonesia," kata Addin didampingi sejumlah ketua umum lintas agama Indonesia di kantor Kedubes RI untuk Vatikan, Roma, Italia, Senin (19/8/2024). 

photo
Ketum Ansor, Addin Jauharudin - (dok Istimewa )

Gus Addin melanjutkan, dia berharap jika Paus Fransiskus berkenan, konsep beragama di Indonesia, yang mengedepankan kerukunan dan gotong royong antar umat beragama, dapat menjadi cara pandang dalam memandang keberagaman dan hidup berdampingan di dunia. "Semoga ini bisa menjadi kiblat masyarakat dunia untuk hidup berdampingan dalam beragama," urainya.

Lain itu, dia mendorong semua tokoh atau pemimpin agama dunia ikut terlibat dalam menghentikan perang yang tengah terjadi, sehingga menciptakan hubungan yang 'panas' antaragama.

"Kita berharap semua tokoh agama ikut terlibat, ikut menyarankan, menyerukan agar situasi panas ini bisa damai," tutupnya.

Dalam kesempatan itu, Gus Addin juga menyambut baik kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia, pada September mendatang.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement