Ahad 25 Aug 2024 11:01 WIB

Paus Fransiskus, Deklarasi Jakarta-Vatikan, dan Toleransi Ansor-Pemuda Lintas Agama

Ansor dan pemuda lintas agama bertemu dengan Paus Fransiskus

Pemimpin tertinggi Vatikan, Paus Fransiskus bertemu dengan Ketum Ansor, Addin Jauharuddin dan pemuda keagamaan
Foto: dok istimewa
Pemimpin tertinggi Vatikan, Paus Fransiskus bertemu dengan Ketum Ansor, Addin Jauharuddin dan pemuda keagamaan

REPUBLIKA.CO.ID, VATIKAN— Pimpinan organisasi kepemudaan lintas agama bertemu dengan pemimpin tertinggi umat Katolik Dunia Paus Fransiskus dan menandatangani Deklarasi Jakarta-Vatikan di Paul VI Audience Hall

Delegasi dari Indonesia terdiri dari Ketua Umum PP GP Ansor Addin Jauharudin, Ketua PP Muhammadiyah Dzulfikar Ahmad Tawalla, Ketua Umum Pemuda Katolik Stefanus Atma Gusma, Ketua Umum Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (Gamki) Sahat Marthin Philip Sinurat, dan Ketua Umum Perhimpunan Pemuda Hindu (Peradah) Indonesia I Gede Ariawan.

Baca Juga

Dalam pertemuan itu disampaikan apresiasi komitmennya menjaga kemanusiaan dalam kehidupan beragama, dan bukan permusuhan, sesuai dengan Dokumen Doha, dimana 4 September 2019 lalu, Pimpinan Tertinggi Gereja Katolik Dunia Paus Fransiskus dan Imam Besar Al-Azhar, Sheikh Ahmed el-Tayeb menandatangani "The Document on Human Fraternity for World Peace and Living Together” atau dikenal dengan Dokumen Abu Dhabi.

Pertemuan berlangsung pada Rabu 21 Agustus 2024 lalu, di Vatikan, Roma, Italia. Berikut isi deklarasi tersebut:

Deklarasi Jakarta-Vatikan bertema "Keadilan dan Perdamaian untuk Dunia".

Kami Pemuda Lintas Iman, Dengan Ini Berkomitmen:

1. Menjadi generasi muda Indonesia yang selalu mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai energi positif bagi peradaban dunia

2. Mengajak kaum muda sedunia untuk membangun masyarakat dunia yang berpegang teguh pada prinsip toleransi, solidaritas, dan gotong royong

3. Mendukung dan menyebarluaskan pandangan dan nilai-nilai yang tertuang dalam Dokumen Persaudaraan Manusia untuk Perdamaian Dunia dan Kehidupan Bersama (Dokumen Abu Dhabi) untuk mewujudkan keadilan dan perdamaian dunia.

Vatikan, 21 Agustus 2024

Ditandatangani Oleh

  • Ketua Umum PP GP Ansor Addin Jauharudin
  • Ketua Umum PP Pemuda Katolik Stefanus Asat Gusma
  • Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Dzulfikar Ahmad Tawalla
  • Ketua Umum DPP GAMKI Sahat Martin Philip Sinurat
  • Ketua Umum DPN Peradah Indonesia I Gede Ariawan
  • Ketua Umum Gema Khonghucu Kris Tan

Disaksikan Oleh:

Paus Fransiskus

Ketua Umum GP Ansor Addin Jauharudin mengatakan bahwa pertemuan ini sangat luar biasa, dimana Paus Fransiskus menerima pimpinan organisasi kepemudaan lintas agama di Vatikan.

"Beliau sangat menghormati Indonesia, Pancasila, bahkan berkenan untuk menandatangani Deklarasi Jakarta-Vatikan yang digagas anak-anak muda lintas agama Indonesia," katanya.

Tentu saja, ini komitmen yang tidak mudah untuk dijalankan, tetapi organisasi pemuda lintas agama di Indonesia harus menjalankan deklarasi Jakarta-Vatikan tersebut.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement