Ahad 31 Mar 2024 14:50 WIB

Suami Tidur Seharian Selama Ramadhan, Apa yang Harus Dilakukan Istri?

Allah menunjukkan kita tidak boleh menganggap puasa sebagai suatu kesulitan.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Tidur (Ilustrasi)
Foto:

Ketika menghadapi suami yang tidur seharian di bulan Ramadhan, dia pun menyarankan agar memberikan nasihat yang sopan tapi tegas.

“Kamu harus mengambil sikap yang sopan namun tegas. Jika tidak, Anda akan kelelahan, baik secara fisik maupun spiritual. Tanda bahayanya adalah Anda tidak bisa menunggu Ramadhan berakhir. Ini menandakan iman Anda sudah terpuruk karena kurangnya empati suami Anda,” kata Sadaf.

Untuk mengambil pendirian ini, Sadaf menyarankan agar para istri yang menghadapi situasi demikian untuk melakukan hal-hal berikut.

Cara Menghadapi Suami yang Tidur Terus Selama Ramadhan

1. Komunikasikan dengan jelas kepada suami bahwa Anda membutuhkan bantuannya. Jika tidak bias berbicara langsung, saya menyarankan agar Anda melakukan ini secara tertulis. Tuliskan dia email atau catatan tulisan tangan, minta bantuannya.

2. Kurangi semua makanan mewah mulai sekarang, hingga Idul Fitri. Beri tahu suami Anda dengan jelas bahwa Anda tidak bisa lagi menyiapkan makanan yang rumit.

3. Manfaatkan makanan yang tidak memerlukan pengolahan rumit. Seperti buah segar, salad, sereal, biji-bijian, dan hidangan satu panci. Siapkan resep yang bergizi namun sederhana, tidak digoreng. Misalnya daging dan sayuran panggang, semur, atau pasta. Dapatkan roti dari toko. Beralih ke overnight oat untuk sahur. Masak dan bekukan makanan di akhir pekan.

Selanjutnya...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement