Selasa 21 Nov 2023 08:52 WIB

Bersama Jokowi, LMI Lepas Bantuan Tahap 2 untuk Palestina 

Bantuan ini merupakan bantuan kedua yang dikirimkan LMI bersama Pemerintah RI

Bantuan ini merupakan bantuan kedua yang dikirimkan LMI bersama Pemerintah RI
Foto: Dok LMI
Bantuan ini merupakan bantuan kedua yang dikirimkan LMI bersama Pemerintah RI

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali memimpin pelepasan bantuan untuk Palestina di Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Senin (20/11/2023). Bantuan ini merupakan bantuan kedua yang dikirimkan LMI bersama Pemerintah RI setelah bantuan pertama yang dikirim pada awal November lalu. 

"Alhamdulillah kita kirim lagi bantuan kepada saudara kita di Gaza dengan dua pesawat yang akan mengangkut 21 ton. Bantuan ini bersumber dari anggaran pemerintah sebesar Rp 31,9 miliar dan juga perusahaan dan masyarakat, seperti PT Paragon Teknologi dan Inovasi, Indonesian Humanitarian Alliance, Kita Bisa, Baznas, dan lainnya," ujar Jokowi dalam sambutannya. 

Baca Juga

Berbeda dengan bantuan sebelumnya, bantuan kali ini berupa obat- obatan, perlengkapan rumah sakit, selimut, makanan siap saji, peralatan kebersihan, pakaian musim dingin, dan keperluan kebutuhan masyarakat di Gaza lainnya. 

Bantuan tahap kedua ini akan dikirimkan menggunakan pesawat kargo BBN Airlines ke Bandara El Arish. Sama seperti sebelumnya, bantuan akan tiba terlebih dahulu ke Mesir kemudian baru disalurkan ke Gaza melalui Badan Persatuan UNRWA dan Komite Internasional Palang Merah (ICRC). 

Jokowi menambahkan, Indonesia akan terus memberikan dukungan kepada Palestina. Sebagai salah satu negara utusan OKI, pemerintah melalui Menlu, Retno Marsudi, sedang berupaya menggalang dukungan agar kekerasan  di Gaza dihentikan. 

"Indonesia akan terus memberikan dukungan politik bagu Palestina dan sebagai salah satu utusan khusus OKI, Menlu sedang berada di beberapa negara untuk menggalang dukungan agar kekejaman di Gaza segera dihentikan, mungkin gencatan senjata dan bantuan kemanusiaan bisa masuk dengan baik," ungkapnya. 

Dalam pelepasan ini, hadir juga Dubes Palestina untuk Indonesia Zuhair S.M Al- Shum, Menkeu Sri Mulyani, Menkes Budi Gunadi Sadikin, Menko PMK Muhajir Effendy, dan para pejabat pemerintah lainnya. 

Sementara itu, Manajer Perwakilan LMI Jakarta, Khoirul Nur M yang hadir dalam pelepasan ini menyampaikan bahwa pihaknya mengirimkan bantuan berupa paket selimut untuk perlengkapan musim dingin. 

"Bantuan tahap kedua ini, kami menyalurkan  bantuan berupa paket selimut untuk perlengkapan musim dingin. Ini sesuai dengan kebutuhan masyarakat di Gaza yang sedang mulai masuk musim dingin," ungkap Khoirul setelah selesai mengikuti pelesapan bantuan tersebut. 

Ia menambahkan, LMI juga sedang mempersiapkan bantuan berupa rendang siap saji yang akan dikirimkan melalui kapal rumah sakit pemerintah RI. 

"Tadi malam sampai hari ini, kami juga sedang packaging rendang siap saji yang akan dikirimkan dengan kapal rumah sakit RI," tambahnya 

Bantuan- bantuan kemanusiaan untuk Palestina terus disalurkan secara masif, baik dari pemerintah, perusahaan, maupun masyarakat. 

"Komando dari Presiden Jokowi untuk segera mempercepat pengiriman bantuan untuk Palestina dengan mengingat kondisi saudara- saudara disana yang semakin terdesak. Seperti halnya, kami LMI yang terus melakukan galang dana untuk Palestina hingga mengoptimalkan penyaluran dana tersebut," ujar Khoirul.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Umum Forum Zakat (FOZ) Irvan Nugraha mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Indonesia atas kepercayaan dalam menitipkan donasi kepada lembaga zakat terpercaya dalam membantu masyarakat Palestina.

“Apresiasi juga untuk para lembaga zakat anggota FOZ yang aktif mengajak & membuka kesempatan bagi masyarakat untuk turut serta membantu masyarakat Palestina. Ayo pastikan kita semua terlibat  dalam memberi dukungan untuk Palestina,” pungkas Irvan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement