Jumat 06 Oct 2023 05:40 WIB

BAZNAS dan Merdeka Copper Gold Salurkan Air Bersih ke Wilayah Terdampak Kekeringan

Baznas berharap Muslim seluruh Indonesia menunaikan zakat.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Erdy Nasrul
Logo Baznas.
Foto: blogspot.com
Logo Baznas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) bekerja sama dengan PT Merdeka Copper Gold Tbk menyalurkan bantuan air bersih ke sejumlah wilayah terdampak kekeringan.

Corporate Communication Manager PT Merdeka Copper Gold Tbk, Dinia Widodo mengatakan, melihat kondisi masyarakat di beberapa daerah yang terdampak kekeringan, termasuk di Jakarta, pihaknya memberikan bantuan berupa air bersih.

Baca Juga

"Hari ini kita mulai melakukan kegiatan penyaluran di titik pertama kita di wilayah Cengkareng, Jakarta Barat," ujar Dinia, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada BAZNAS yang telah menjadi partner kegiatan sosial penyaluran bantuan air bersih bisa berjalan baik dan lancar. "Semoga bisa memberikan manfaat bagi masyarakat terdampak," ujarnya.

 

Direktur Pendistribusian BAZNAS RI Ahmad Fikri mengatakan, saat ini BAZNAS memang tengah melakukan penyaluran air bersih bagi masyarakat yang terdampak kekeringan. "BAZNAS secara nasional sudah berkoordinasi dengan seluruh jejaring BAZNAS hingga ke tingkat Kabupaten/Kota untuk mewaspadai fenomena kekeringan akibat el nino," ujar Fikri.

Bantuan dari PT Merdeka Copper Gold Tbk, tersebut akan disalurkan menjadi 640 kiloliter air bersih yang akan didistribusikan di wilayah Jakarta Barat serta sekitar Jabodetabek.

Sementara itu, Direktur Pengumpulan Badan BAZNAS RI Faisal Qosim menambahkan, BAZNAS memfasilitasi dana perusahaan baik berupa CSR maupun lainnya untuk disalurkan ke masyarakat. "BAZNAS tidak hanya mengelola dana zakat tetapi juga dana-dana sosial keagamaan lainnya, termasuk dana CSR ini," ujarnya.

Terpisah, Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Saidah Sakwan MA, mengatakan, BAZNAS mengapresiasi perusahaan yang menyalurkan bantuan melalui BAZNAS.

"Kami mengapresiasi bantuan yang diberikan pihak Merdeka melalui BAZNAS untuk menjangkau warga terdampak. Kerja sama ini sangat baik dibangun karena memiliki tujuan yang baik, yakni meringankan beban warga yang kekurangan air bersih," ujarnya.

Pemberian bantuan secara simbolik dilakukan pada saat penutupan Rakornas BAZNAS 2023 di Hotel Sultan Jakarta pada Jumat (22/9/2023).

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement