Jumat 29 Sep 2023 17:48 WIB

Baznas Goes To School, Edukasi Zakat ke Siswa Kota Bandung

Edukasi zakat dalam kegiatan Baznas dilakukan dengan pendekatan pertunjukkan seni.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Gita Amanda
Baznas Goes to School, upaya edukasi berzakat kepada remaja, khususnya usia sekolah menengah. (ilustrasi)
Foto: blogspot.com
Baznas Goes to School, upaya edukasi berzakat kepada remaja, khususnya usia sekolah menengah. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bandung menggelar acara Baznas Goes To School di SMP Negeri 17 Kota Bandung, Jumat 29 September 2023. Acara ini merupakan salah satu upaya edukasi berzakat kepada remaja, khususnya usia sekolah menengah.

Wakil Ketua 1 Baznas Kota Bandung, Arif Nurrakhman menyebut, Baznas Goes To School merupakan kegiatan yang pertama kali digelar pada 2023. Ia berharap, kegiatan ini dapat membangun pemahaman agar anak-anak dapat merasakan manfaat berzakat.

Baca Juga

“Agar anak-anak merasakan, berzakat dapat memberi kebahagiaan bagi mereka, serta membangun kebiasaan berzakat sejak dini,” kata Arif.

Arif menyebut, edukasi zakat kepada siswa ini antara lain membangun kesadaran bahwasannya zakat bukan sekadar menyisihkan 2,5 persen dari penghasilan bagi saudara-saudara yang membutuhkan. Selain itu, siswa juga diajaarkan untuk saling berbagi kebahagiaan, dengan menumbuhkan empati dari sesama manusia kepada saudara-saudaranya yang membutuhkan.

“Zakat dapat memberi kebahagiaan dan melipatgandakan rezeki. Hal ini yang perlu dipahami anak-anak sejak usia remaja,” kata Arif. 

Edukasi zakat dalam kegiatan Baznas Goes To School antara lain dilakukan dengan pendekatan pertunjukkan seni. Salah satunya lewat penampilan dongeng dari Kak Yeni dan Nenglis.

“Di setiap sekolah, akan ada penampilan yang berbeda. Kalau di SMPN 17, mungkin kita menampilkan dongeng, tetapi di titik lain, akan ada penampilan membaca puisi,” kata Arif.

Selain itu, Arif juga mengatakan, kegiatan ini merupakan kolaborasi Baznas Kota Bandung dengan sekolah penyelenggara. Nantinya, akan ada titik-titik berikutnya yang akan menjadi kolaborator Baznas Goes To School.

Menurutnya, Baznas Kota Bandung mendorong tiap sekolah memiliki Duta Zakat. Nantinya, Duta Zakat ini akan menjadi pemberi pengaruh bagi teman sebayanya untuk menerapkan semangat berbagi pada sesama. Ia juga mengajak warga Kota Bandung untuk sama-sama menumbuhkan kebiasaan berbagi kepada anak.

“Mari sama-sama laksanakan ibadah zakat dengan membangun implementasi agar zakat dapat membangun kebahagiaan dan meningkatkan rezeki,” ajak Arif. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement