Rabu 20 Sep 2023 11:18 WIB

Megahnya Masjid Al Azhom, Tempat Pemain Bola Filipina Bersyahadat

Masjid Al Azhom menyerupai masjid-masjid khas Turki Utsmaniyah.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Umat Islam menunggu pelaksanaan shalat Jumat di Masjid Al-Azhom, Kota Tangerang, Banten, Jumat (20/8/2021). Pemerintah Kota Tangerang kembali membuka tempat ibadah di tengah pemberlakuan PPKM level 4 dengan maksimal 50 persen dari kapasitas dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.
Foto:

Kesejukan juga terasa di dalam masjid ini. Hawa dingin terpancar dari batu granit China yang terhampar menjadi lantai ruangan utama.

Semilir angin juga masuk dari jendela dan lubang-lubang ventilasi. Karena langit-langitnya tinggi, ruangan menjadi semakin sejuk dan sistem pengondisi udara beroperasi dengan baik.

Keindahan interior ruangan Masjid Raya Al Azhom juga ditunjang unsur-unsur dekoratifnya. Berbagai hiasan tergurat pada tiang-tiang yang menempel sisi pinggir. Sedangkan di tengah ruangan tidak ada tiang yang terpancang, sehingga tempat sholat dibiarkan lapang, seolah-olah tanpa batas.

photo
Pengunjung melihat sejumlah informasi tentang dunia Islam yang ada di galeri Islam masjid Al-Azhom, Tangerang, Banten, Senin (4/4/2022). Banyak warga mengisi waktu senggang mengunjungi galeri tersebut untuk memperkaya wawasan tentang sejarah Islam saat Ramadhan. - (ANTARA/Muhammad Iqbal)

Desain ruangannya mengadopsi gaya arsitektural Timur Tengah, seperti halnya Masjid Nabawi di Madinah al-Munawwarah. Namun, sang arsitek berhasil dalam memadukan unsur keindahan dan religiusitas dalam mendesain tempat ibadah umat Islam ini.

Kubah yang memiliki dasar kuning keemasan ini dihiasi dengan kaligrafi ayat-ayat Alquran.  Begitu juga pada setiap sisi kubah, dihiasi dengan kaligrafi ayat-ayat Alquran. Hal itu pun menambah keindahan masjid ini.

Saat ini sedang dilakukan pembangunan sarana dan prasarana penunjang di Masjid Al Azhom, antara lain empat payung seperti di Masjid Nabawi, Arab Saudi. Pembangunan sarana ini mulai dilaksanakan September 2023 dan akan selesai dalam waktu empat bulan ke depan.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement