Ahad 02 Apr 2023 15:18 WIB

Buka Pekan Tilawatil Quran RRI, Wamenag: Bentengi Akidah Generasi Muda Muslim

Termasuk tantangan persoalan umat saat ini adalah bentengi akidah generasi muda

Rep: Fuji E Permana / Red: Nashih Nashrullah
 Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Saadi, menyatakan  tantangan persoalan umat saat ini adalah bentengi akidah generasi muda
Foto: istimewa
Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Saadi, menyatakan tantangan persoalan umat saat ini adalah bentengi akidah generasi muda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Wakil Menteri Agama (Wamenag) KH Zainut Tauhid Sa’adi membuka Pekan Tilawatil Quran Radio Republik Indonesia (PTQ RRI) Tingkat Nasional ke-53 tahun 2023, di Kendari, Sulawesi Tenggara. 

Menurut Wamenag, PTQ RRI Nasional ke-53 sekaligus merupakan bukti komitmen Lembaga Penyiaran Publik (LPP) RRI yang terus memberikan kontribusinya dalam mengembangkan nilai-nilai moderasi beragama di Indonesia. 

Baca Juga

"Gema Musabaqah ini diharapkan bisa memberikan dampak sosial dan sentuhan syiar dakwah yang berkesan kepada masyarakat, di  tengah dinamika dan tantangan keumatan dewasa ini," kata Wamenag saat menyampaikan sambutan di Pelataran Eks MTQ Kota Kendari, Sabtu (1/4/2023). 

Wamenag mengatakan, kegiatan ini juga menjadi momentum untuk membangun kecintaan dan kesadaran umat Islam untuk mendalami esensi, makna dan hikmah yang terkandung dalam Alquran sebagai petunjuk yang lurus. 

"Salah satu tantangan permasalahan yang perlu mendapatkan perhatian kita bersama adalah upaya membentengi generasi muda Muslim dengan penanaman akidah yang lurus dan pemahaman beragama yang benar," ujar Wamenag. 

Dalam kesempatan tersebut, Wamenag juga mengajak masyarakat Sulawesi Tenggara untuk menyukseskan program Tahun Kerukunan Umat Beragama yang telah dicanangkan Menteri Agama. 

"Mari kita perkuat rasa kebangsaan, tebar semangat toleransi dan menjadikan Indonesia utamanya Sulawesi Tenggara menjadi barometer kerukunan umat beragama di dunia. Mari kita mulai dengan mensukseskan pencanangan 2023 sebagai tahun kerukunan umat beragama," jelas Wamenag. 

Baca juga: Ottoman Bantu Irlandia Negeri Non-Muslim yang Dilanda Kelaparan dan Begini Balas Budinya

Pembukaan PTQ RRI Nasional ke-53 ditandai dengan pemukulan bedug oleh Wamenag didampingi Gubernur Sultra, Wagub Sultra, Direktur Utama LPP RRI, Forkopimda yang disaksikan seluruh tamu undangan. 

Untuk diketahui, PTQ RRI merupakan kolaborasi kerjasama dan sinergitas antar tiga pihak yakni, RRI sebagai penyelenggara, kemudian Pemprov Sultra sebagai tuan rumah dan didukung Kementerian Agama (Kemenag) RI. Pelaksanaan PTQ sendiri mulai dilaksanakan oleh RRI sejak 1968. 

Ada beberapa lomba yang akan diselenggarakan dalam PTQ ke 53 kali ini, antara lain lomba tilawah, tahfiz, tausiyah dan tartil Alquran bagi penyandang disabilitas sensorik netra. Pelaksanaan lomba bakal berlangsung di empat titik venue, seperti di Tugu Persatuan Eks MTQ, Masjid Al Alam, Masjid Al Kautsar Kendari dan di Balai Kota Kendari.   

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement