Ahad 26 Mar 2023 20:47 WIB

Jumat Pertama Ramadhan di Al Aqsa Dihadiri Ratusan Ribu Jamaah, Israel Ketar-ketir? 

Israel lakukan pengawasan ganda sikapi membludaknya jamaah Masjid Al Aqsa

Rep: Zahrotul Oktaviani / Red: Nashih Nashrullah
Warga Palestina melaksanakan sholat Jumat pertama Ramadan di luar Masjid Dome of Rock di kompleks Masjid Al-Aqsa di Kota Tua Yerusalem, Jumat (24/3/2023).
Foto:

Setelah jamaah berbuka puasa, ratusan orang berbondong-bondong ke Gerbang Damaskus yang telah didekorasi untuk bulan suci. Situs tersebut telah menjadi titik fokus utama bagi warga Palestina untuk berkumpul dan bersosialisasi setelah sholat Isya. 

Gerobak makanan jalanan yang menjual segala sesuatu mulai dari kacang fava hingga jagung rebus terlihat berjejer di jalan, sementara orang berlarian mencari tempat. Teh mengalir dan musik menggelegar dari segala arah, dengan orang-orang bernyanyi dengan gembira. 

Pada Kamis (23/3/2023), perayaan Ramadhan ini dihentikan setelah pasukan Israel menyerbu kerumunan orang, pada pukul 12.30 waktu setempat. 

Seorang wanita, yang tidak mau disebutkan namanya, menyebut pembubaran dilakukan dengan alasan penggunaan ruang umum oleh Palestina.

Erakay menyebut pasukan Israel menyerang orang-orang di Gerbang Damaskus tanpa alasan. 

Padahal, mereka hanya bernyanyi dan menikmati waktu. Namun bagi Israel kehadiran mereka sudah mengganggu. 

Baca juga: Muhammadiyah Resmi Beli Gereja di Spanyol yang Juga Bekas Masjid Era Abbasiyah

Video yang dibagikan secara daring menunjukkan orang-orang dipukuli dan gerobak ditendang dan dibongkar. Di saat bersamaan, orang-orang berlarian untuk mencari kerabat yang mereka cintai. 

Sepanjang malam, pasukan Israel ditempatkan di sekitar tangga menuju Gerbang Damaskus, dengan beberapa di antaranya menyamar. Pasukan lain dikerahkan di menara pengawas. 

Menyusul penyerbuan ini, setiap keluarga berebut untuk mencari keselamatan dan bersatu kembali dengan teman dan keluarga mereka.  

 

Sumber: middleasteye.net  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement