Rabu 05 Oct 2022 01:34 WIB

Enam Fakta Masjid di Jerman yang Jarang Diketahui

Tahun ini, sekitar 1.000 masjid di seluruh Jerman menggelar open day.

Rep: Zahrotul Oktaviani / Red: Agung Sasongko
Masjid Sentral Cologne di Kota Cologne atau Koln, Jerman.
Foto:

2. Kemiripan dengan Taj Mahal

Masjid di lingkungan Wilmersdorf Berlin adalah yang tertua yang ada di Jerman saat ini. Bangunannya sangat mirip dengan monumen terkenal dunia di India, Taj Mahal. Dua menara dengan tinggi masing-masing lebih dari 30 meter (98 kaki) membingkai bangunan.

Rumah ibadah ini dirancang oleh arsitek Jerman, Karl August Herrmann, untuk komunitas Ahmadiyah Lahore, yang datang dari tempat saat ini disebut Pakistan dan anggotanya datang ke Jerman pada 1920. Mereka mendirikan Masyarakat Muslim Jerman bekerja sama dengan Muslim Jerman. Masjid di Berlin-Wilmersdorf menjadi pusat kehidupan Muslim.

 

3. Pengaruh Turki

Di Jerman, asosiasi masjid bertanggung jawab untuk operasional masjid. Salah satu asosiasi Islam yang paling terkenal dan terbesar di Jerman dalam hal jumlah jamaah masjid adalah Persatuan Islam Turki untuk Urusan Agama (Ditib).

 Asosiasi tersebut dikritik karena berada di bawah otoritas keagamaan Turki Diyanet, presidium negara bagian untuk urusan agama. Para imam serikat, yang ditempatkan di masjid-masjid Jerman selama beberapa tahun, sebagian besar dilatih di Turki dan didanai oleh negara Turki.

Selama bertahun-tahun, para kritikus telah memperingatkan tentang pengaruh negara Turki terhadap jamaah. Pemilihan presiden Turki pada 2018 menunjukkan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan memiliki banyak pendukung di Jerman, seperti halnya kunjungannya ke Jerman, yang mana ia disambut dengan hangat dan dihibur oleh para pendukungnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement