Jumat 04 Jun 2021 15:38 WIB

Masjid dan Madrasah di Inggris Berperan Cegah Obesitas

Masjid dan madrasah memiliki potensi besar mencegah obesitas pada anak-anak.

Relawan di Green Lane Masjid di Birmingham, Inggris mengepak makanan untuk dibagikan pada mereka yang membutuhkan, 30 Januari 2021.
Foto:

Dr Sufyan Abid Dogra, peneliti senior di studi Born in Bradford, menambahkan bahwa masjid dan madrasah menyambut baik upaya inisiatif pencegahan obesitas dan promosi kesehatan. Namun, tantangannya adalah kurangnya sumber daya dan infrastruktur di beberapa tempat ibadah.

"Ada lebih dari 120 masjid dan madrasah di Bradford dengan anak-anak, orang tua, dan anggota masyarakat yang menjadi jamaahnya setiap hari," kata dia.

Potensi mereka, lanjutnya, dapat dimanfaatkan untuk mendorong perilaku pencegahan obesitas pada anak-anak dan remaja. Untuk anak-anak dan keluarga yang tinggal di lingkungan miskin di Bradford, sangat penting untuk memiliki akses ke informasi yang akurat dan keterlibatan dalam inisiatif hidup sehat dan hidup baik melalui pusat komunitas, tempat ibadah dan organisasi masyarakat bersama dengan pedoman dari otoritas kesehatan.

Mufti Mohammad Zubair Butt, seorang pemimpin Islam di Bradford, mengatakan bahwa pesan promosi kesehatan melalui masjid dan madrasah akan lebih efektif jika disampaikan dengan menggabungkan NHS dan pedoman ilmiah tentang hidup sehat dengan ajaran Islam yang mendorong hal yang sama. Dia mengatakan bahwa kemitraan antara masjid dan madrasah dan organisasi promosi kesehatan dapat menghasilkan orang aktif berpartisipasi dalam inisiatif sehat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement