Jumat 13 Sep 2024 12:42 WIB

Tanda-Tanda Alam yang Menyertai Kelahiran Nabi Muhammad

Saat kelahiran beliau, alam pun memberikan tanda-tanda sebagai bentuk penghormatan.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Tanda-Tanda Alam yang Menyertai Kelahiran Nabi Muhammad
Foto:

3. Padamnya Api di Kuil Penyembah Api Persia

Kaum Majusi di Persia, yang menyembah api, memiliki kuil besar yang apinya tidak pernah padam selama ratusan tahun. Namun, pada malam kelahiran Nabi Muhammad, api ini padam dengan sendirinya, yang dianggap sebagai pertanda bahwa agama yang benar akan menggantikan penyembahan berhala dan api.

4. Keringnya Danau Sawah

Danau Sawah, yang dianggap keramat oleh masyarakat Persia karena airnya selalu meluap, tiba-tiba mengering saat kelahiran Nabi Muhammad. Danau di Irak tersebut tadinya menjadi tempat persembahan dewa. Hal ini dipandang sebagai simbol berakhirnya berbagai kepercayaan mistis dan penyembahan berhala.

Selain itu, lembah Samawah juga kebanjiran, sejumlah mata air mengering, sehingga membuat Kisra dan rakyatnya bingung dan kelimpungan.

5. Bintang yang Bersinar Terang

Beberapa ulama menyebutkan bahwa ada bintang-bintang yang bersinar sangat terang pada malam kelahiran Nabi, menandakan datangnya sosok yang akan memancarkan cahaya petunjuk bagi umat manusia.

Fathimah binti Abdullah melaporkan:

حضرت ولادة رسول الله صلى الله عليه وسلم فرأيت البيت حين وضع قد امتلأ نوراً، ورأيت النجوم تدنو حتى ظننت أنها ستقع علي. و ولد مختونا.

Artinya: "Aku hadir saat Rasulullah SAW dilahirkan. Saat itu, tampak cahaya menerangi seisi rumah. Aku melihat bintang-bintang turun mendekat, sampai aku mengira benda langit itu akan menimpaku. Aku juga melihat Rasulullah lahir sudah dalam keadaan sudah dikhitan." (Ahmad bin Umar al-Anshari, Itsbatu Nubuwati Muhammad, 2004: halaman 52)

Semua tanda-tanda alam tersebut dapat dipahami dalam konteks simbolis, menggambarkan besarnya dampak kelahiran Nabi Muhammad SAW bagi sejarah umat manusia. Tanda-tanda alam ini juga menjadi isyarat bahwa kehadiran beliau akan membawa perubahan besar di dunia dalam aspek keagamaan, sosial, dan moral.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement