Selasa 27 Aug 2024 14:32 WIB

Bocoran Sedikit tentang Kenikmatan Surga, Begini Penjelasannya

Alquran Gambarkan Kenyamanan Kehidupan Mukmin di Surga

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Erdy Nasrul
ILUSTRASI Semua orang Islam mendambakan masuk surga.
Foto:

Ucapan ini pula yang diucapkan para malaikat di waktu mereka berada di sekeliling ‘Arsy.

Allah berfirman, "Dan engkau (Muhammad) akan melihat malaikat-malaikat melingkar di sekeliling ‘Arsy, bertasbih sambil memuji Tuhannya; lalu diberikan keputusan di antara mereka (hamba-hamba Allah) secara adil dan dikatakan, 'Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam'." (QS Az-Zumar Ayat 75)

Dari ayat ini dipahami bahwa wajib atas tiap-tiap orang yang beriman mensucikan jiwanya, dan membersihkan dirinya. Cara mensucikan jiwa dan membersihkan diri itu ialah dengan beribadah kepada Allah, mengendalikan hawa nafsu dan mengarahkannya untuk mengerjakan perbuatan yang baik dan amal yang saleh. Bukanlah membersihkan diri itu dengan menggunakan perantara, seperti menjadikan perantara orang-orang yang dianggap keramat dan sebagainya, atau mengharapkan syafa’at dari padanya. Bahkan perbuatan yang demikian itu dapat menjurus kearah kemusyrikan.

Allah berfirman, "(Pahala dari Allah) itu bukanlah angan-anganmu dan bukan (pula) angan-angan Ahli Kitab. Barang siapa mengerjakan kejahatan, niscaya akan dibalas sesuai dengan kejahatan itu dan dia tidak akan mendapatkan pelindung dan penolong selain Allah." (QS An-Nisa Ayat 123)

Tiga macam perumpamaan kehidupan rohani yang tinggi yang diperoleh oleh ahli surga itu hendaklah selalu dibiasakan dan diamalkan oleh orang-orang yang beriman selama mereka hidup di dunia agar mereka memperoleh kebahagiaan yang abadi pula. (Tafsir Kementerian Agama)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement