Sabtu 24 Aug 2024 19:26 WIB

Wakaf Sarana Air Bersih Jadi Solusi Warga Kulon Progo Atasi Kekeringan

Pembangunan sarana air bersih diharapkan jadi solusi bagi warga atasi kekeringan.

Peresmian Wakaf Sarana Air Bersih di Dusun Suren, Kulon Progo
Foto: BWA
Peresmian Wakaf Sarana Air Bersih di Dusun Suren, Kulon Progo

REPUBLIKA.CO.ID, KULONPROGO -- Setelah bertahun-tahun lamanya warga Pedukuhan Suren mengalami kesulitan untuk mengakses air bersih, kini mereka bisa bernafas lega. Badan Wakaf Alquran (BWA) melalui program WAFP kembali meresmikan wakaf sarana air bersihnya di Pedukuhan Suren, Kelurahan Pagerharjo pada Sabtu (24/8/2024). Peresmian wakaf sarana air bersih ini diharapkan mampu menjadi solusi bagi ratusan warga yang selama ini mengalami kesulitan dalam mengakses air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

Program WAFP Pedukuhan Suren ini merupakan wakaf sarana air bersih ke 55 yang telah direalisasikan dan diresmikan oleh BWA. Acara peresmian yang berlangsung di pendopo Pedukuhan Suren ini dihadiri oleh Ustadz Ichsan Salam selaku CEO BWA, Hazairin Hasan selaku Chief of Networking & Distribution Liason BWA, Gusti Bendara Pangeran Haryo (GBPH) H Prabukusumo, Lurah Pagerharjo serta berbagai tokoh masyarakat, perwakilan pemerintah daerah, dan masyarakat sekitar. 

Baca Juga

Dalam sambutannya, GPBH Prabukusumo menyampaian rasa hormat dan terima kasihnya kepada BWA. “Saya menyampaikan rasa hormat dan terima kasih kpeada BWA atas terselesaikannya project air bersih ini. Bahwa BWA benar-benar merealisasikan sarana air bersih untuk warga Suren. Saya titip pesan agar nantinya (air bersih) ini dikelola warga dengan sebaik-baiknya, sehingga setiap warga yang menerima manfaaatnya merasa memiliki dan kemudian menjaga. Mudah-mudahan sarana air bersih ini bermanfaat untuk warga Suren. "

Ustadz Ichsan Salam selaku CEO BWA juga menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya kepada Warga Dusun Suren dan semua pihak yang telah berpartisipasi dalam project ini.

“Project WAFP Dukuh Suren ini adalah proyek yang ke-55 yang dicapai oleh BWA dalam memenuhi kebutuhan air bersih untuk membantu program pemerintah dalam hal pemerataan sarana air bersih di pelosok-pelosok negeri. Kami berterima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat dalam project kebaikan ini. Terima kasih sebesar-besarnya kepada warga Dusun Suren, karena di sini telah bersedia untuk dijadikan project wakaf BWA. Semoga pahala mengalir kepada para wakif yang telah berpartisipasi dalam project ini,” ungkap Ustadz Ichsan Salam.

Acara peresmian ditutup dengan tanda tangan ikrar wakaf dan seremonial penyalaan air keran yang menandakan air telah mengalir di Pedukuhan Suren ini. GPBH Prabukusumo secara simbolis kemudian menyerahkan kendi yang berisi air kepada salah satu warga Suren.

Wakaf sarana air bersih ini dimanfaatkan untuk akses air bersih bagi 400 warga di Pedukuhan Suren. Sebelum adanya wakaf sarana air bersih ini, warga harus menempuh yang cukup jauh untuk mendapatkan air bersih, terlebih lagi di musim kemarau. Dengan adanya wakaf sarana air bersih ini akan sangat membantu warga dan diharapkan dapat meningkatkan taraf kesehatan masyarakat secara umum.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement