Sabtu 24 Aug 2024 17:45 WIB

Kata Pihak AS Soal Kemauan Negosiasi Damai Israel dan Palestina, Begini Penjelasannya

Israel dan Palestina didudukkan bersama untuk menyetujui kesepakatan damai.

Warga Palestina berduka atas kematian kerabatnya dalam pemboman Israel di Jalur Gaza.
Foto:

Selama berbulan-bulan, AS, Qatar, dan Mesir telah mencoba mencapai kesepakatan antara Israel dan Hamas untuk memastikan pertukaran tahanan serta gencatan senjata, begitu pula guna memungkinkan bantuan kemanusiaan masuk ke Gaza. Namun upaya mediasi terhenti karena penolakan Netanyahu untuk memenuhi tuntutan Hamas yakni menghentikan penyerbuan ke Jalur Gaza.

Pembicaraan ini berlangsung di tengah kekhawatiran bahwa Iran mungkin segera melakukan pembalasan atas pembunuhan mantan pemimpin politik Hamas di Teheran akhir bulan lalu.

Kirby menegaskan bahwa AS tetap percaya Iran "masih siap untuk melakukan sesuatu jika, pada kenyataannya, mereka memilih untuk melakukannya."

"Oleh karena itu, kami harus siap, dan kami siap. Kami telah memperkuat kemampuan militer kami di wilayah tersebut, dan kami mengawasinya setiap hari," katanya.

Lebih dari 40.000 warga Palestina telah tewas dan lebih dari 93.000 terluka di Gaza selama perang Israel yang berlangsung lebih dari 10 bulan, menurut angka resmi. Sebagian besar korban tewas adalah perempuan dan anak-anak.

Namun, jumlah korban sebenarnya dikhawatirkan jauh lebih tinggi dari angka resmi, dengan banyak warga Gaza yang hilang dikhawatirkan tewas di bawah jutaan ton puing, atau dikubur di kuburan sementara.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement