Ahad 16 Jun 2024 15:39 WIB

Suara Umat: Survei Ungkap Satu dari Tiga Orang Boikot Merek Pro Israel

Negara mayoritas Muslim terlibat boikot merek, yakni Arab Saudi, UEA, dan Indonesia.

Sejumlah orang mengikuti aksi damai bermiliar dukungan untuk Gaza dan Palestina di Kawasan Patung Kuda, Monas, Jakarta, Ahad (9/6/2024) .
Foto:

Arab Saudi merupakan negara dengan jumlah responden terbanyak, yaitu 71 persen. Mereka mengatakan memboikot merek karena dianggap mendukung satu pihak. Mayoritas penduduk Arab Saudi pro-Palestina.

Sebuah jajak pendapat yang dilakukan pada Desember oleh Washington Institute for Near Eastern Affairs, sebuah lembaga pemikir pro-Israel, menemukan 96 persen warga Saudi percaya negara-negara Arab harus memutuskan hubungan dengan Israel sebagai tanggapan atas genosida mereka di Gaza.

BACA JUGA: Kasus Pembunuhan Vina, Terungkap Percakapan Liga Akbar dan Iptu Rudiana Soal Musuh Eky

Sebelum perang, AS secara aktif berupaya mencapai kesepakatan yang memungkinkan Israel dan Arab Saudi menormalisasi hubungan. Di UEA, 57 persen responden mengatakan mereka memboikot merek karena genosida.

Di Indonesia, negara berpenduduk mayoritas Muslim terbesar di dunia, lebih dari satu dari dua orang juga mengatakan mereka memboikot merek.

Jumlah responden dari negara-negara Arab dan Muslim yang memboikot produk-produk terkait genosida di Gaza jauh lebih tinggi dibandingkan rata-rata global sebesar 37 persen atau sedikit lebih tinggi dari satu dari tiga responden.

Baca di halaman selanjutnya...

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement