Jumat 12 Apr 2024 19:20 WIB

Puasa 6 Hari Syawal, 4 Hikmah Ini Ungkap Mengapa Rasulullah SAW Menganjurkannya?

Puasa enam hari pada Syawal termasuk sunnah yang dianjurkan

ilustrasi puasa syawal. Puasa enam hari pada Syawal termasuk sunnah yang dianjurkan
Foto: republika/mgrol101
ilustrasi puasa syawal. Puasa enam hari pada Syawal termasuk sunnah yang dianjurkan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Setelah Idul Fitri 1 Syawal, umat Muslim masih mempunyai satu amalan sunnah yang berpahala besar. 

Pahala puasa sunnah ini sama dengan pahala berpuasa satu tahun tanpa henti. Nabi Muhammad SAW bersabda: 

Baca Juga

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعُهُ بِسِتٍّ مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ

Barang siapa berpuasa Ramadhan kemudian diikuti dengan puasa enam hari pada bulan Syawal, maka (pahalanya) seperti puasa satu tahun penuh. (HR Muslim, Abu Dawud, at-Tirmidzi, dan Ibnu Majah).

Ibnu Rajab al-Hanbali dalam kitab Latha'if al-Ma'arif, menjelaskan sejumlah hikmah puasa sunnah enam hari Syawal yaitu pertama, berpuasa enam hari pada bulan Syawal setelah Ramadhan akan menyempurnakan ganjaran berpuasa setahun penuh.

Kedua, puasa Syawal dan puasa Sya'ban seperti halnya shalat rawatib qabliyah (sebelum) dan bakdiyah (sesudah). Amal sunah seperti ini akan menyempurnakan kekurangan dan cacat yang ada dalam amal wajib. 

Setiap orang pasti memiliki kekurangan dalam amal wajib. Amal sunnahlah yang nanti akan menyempurnakannya.

Ketiga, membiasakan berpuasa setelah puasa Ramadhan adalah tanda diterimanya amal puasa Ramadhan. Sebab, jika Allah SWT menerima amal seorang hamba maka Dia akan memberikan taufik pada amal saleh selanjutnya.

Keempat, karena Allah SWt telah memberi taufik dan menolong kita untuk melaksanakan puasa Ramadhan serta berjanji mengampuni dosa kita yang telah lalu, hendaklah kita mensyukuri hal itu dengan melaksanakan puasa setelah Ramadhan. 

Sebagaimana dilakukan para ulama salaf dahulu, setelah malam harinya melaksanakan shalat malam, siang harinya mereka berpuasa sebagai rasa syukur kepada Allah SWT.

Syawal, selain merupakan bulan mulia karena ada Hari Raya Idul Fitri (tanggal 1 Syawal), juga bulan puasa mini. Kita dianjurkan untuk berpuasa selama enam hari yang sejatinya merupakan lanjutan dari puasa besar sebelumnya. Hanya saja, hukumnya sunnah.

 

 

sumber : Harian Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement