Selasa 02 Apr 2024 20:30 WIB

Lima Badan Sertifikasi Halal di Amerika Terakreditasi BPJPH

Produk halal dari AS mengikuti standar halal di Indonesia.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Manajer Mutu dan Auditor Teknis Senior di Kamar Dagang Halal Amerika Serikat, Aly Ghanim dan Chief Operating Officer American Halal Foundation (AHF), James Chambers di @America, Pacific Place Mall, Jakarta, Selasa (2/4/2024).
Foto: Republika/Fuji E Permana
Manajer Mutu dan Auditor Teknis Senior di Kamar Dagang Halal Amerika Serikat, Aly Ghanim dan Chief Operating Officer American Halal Foundation (AHF), James Chambers di @America, Pacific Place Mall, Jakarta, Selasa (2/4/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada lima badan sertifikasi halal di Amerika Serikat (AS) yang telah terakreditasi Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Indonesia. Satu di antaranya menegaskan standar halal yang dipakai mereka adalah standar halal yang digunakan di Indonesia.

Manajer Mutu dan Auditor Teknis Senior di Kamar Dagang Halal Amerika Serikat Aly Ghanim mengatakan, sangat penting bagi konsumen di Indonesia untuk mengetahui bahwa yang dilakukan Kamar Dagang Halal AS dan AHF tidak berdasarkan standar sendiri.

Baca Juga

"Kami (lima badan sertifikasi halal di AS) mengikuti standar produk halal Indonesia sehingga konsumen di Indonesia dapat yakin akan hal tersebut karena tahu ketika mereka mendapatkan produk berlogo halal dari Amerika, maka produk tersebut telah diperiksa oleh pemerintah Indonesia," kata Aly kepada Republika di @America, Pacific Place Mall, Jakarta, Selasa (2/4/2024)

Menurut Aly, konsumen Indonesia dapat yakin produk halal dari AS tersebut akan memenuhi standar halal di Indonesia. Sehingga mereka dapat yakin produk tersebut halal dan memiliki standar yang sangat tinggi.

Di tempat yang sama, Chief Operating Officer American Halal Foundation (AHF) James Chambers mengatakan AHF selalu membicarakan konsep bahwa halal adalah kepercayaan dan halal adalah kebenaran. Ini bukan hanya kepercayaan yang didasarkan pada pekerjaan yang AHF lakukan.

"Jadi kepercayaan itulah yang ditemukan ketika kami diperiksa oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), kepercayaan ini didapat dari pekerjaan yang kami lakukan tidak hanya pada bisnis, tapi juga saat kami memeriksa pemasok yang ada di luar sana untuk memastikan mereka bersertifikat halal atau memenuhi persyaratan halal," jelas James.

James menjelaskan, hanya ada lima badan sertifikasi halal dari puluhan lembaga halal di Amerika yang disetujui atau terakreditasi oleh BPJPH, di antaranya American Halal Foundation (AHF), Islamic Society of the Washington Area (ISWA) - Halal Certification Department, Islamic Society of America (ISA), Islamic Food and Nutrition Council of America (IFANCA), dan Halal Transaction Omaha (HTO).

Fuji E Permana

Foto: Manajer Mutu dan Auditor Teknis Senior di Kamar Dagang Halal Amerika Serikat, Aly Ghanim dan Chief Operating Officer American Halal Foundation (AHF), James Chambers di @America, Pacific Place Mall, Jakarta, Selasa (2/4/2024). Fuji E Permana

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement