Kamis 18 Jan 2024 19:46 WIB

SMP Al Izzah Nunukan Islamic Boarding School Diresmikan

SMP Al Izzah Nunukan jadi inspirasi pendidikan islam di perbatasan.

Bupati Nunukan Asmin Laura membubuhkan tandatangan di prasasti perempuan gedung sekolah SMP Al Izzah Nunukan Islamic Boarding School, Rabu (17/1/2024).
Foto: Humas Kabupaten Nunukan
Bupati Nunukan Asmin Laura membubuhkan tandatangan di prasasti perempuan gedung sekolah SMP Al Izzah Nunukan Islamic Boarding School, Rabu (17/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, TANJUNG SELOR -- Bupati Nunukan Asmin Laura Hafid meresmikan gedung SMP Al Izzah Nunukan Islamic Boarding School yang pembangunannya dibiayai APBD Kabupaten Nunukan.

“Semoga gedung baru ini memotivasi anak-anak semua belajar dengan tekun dan penuh semangat menghadapi tantangan masa depan,” kata Asmin Laura di Nunukan, Kamis. 

Baca Juga

Gedung baru SMP Al Izzah Nunukan Islamic Boarding School yang diresmikan Bupati Nunukan itu berlokasi di Jalan Damai, RT14, Nunukan Barat, Kota Nunukan.

Gedung baru itu dibangun di lahan seluas 1,7 hektar, memiliki dua ruang kelas yang akan digunakan oleh santri dan santriwati kelas delapan dan sembilan. Sementara itu, kelas tujuh masih menggunakan gedung lama. 

Pembangunan gedung baru ini menggunakan APBD Kabupaten Nunukan 2023 sebesar Rp544 juta. Proses pembangunannya memakan waktu 180 hari.

Bupati mengapresiasi kerja sama antara pemerintah, pihak swasta, dan masyarakat dalam memajukan dunia pendidikan di Kabupaten Nunukan. Ia juga memberikan pujian kepada pengurus yayasan Izzatul Quran Nunukan yang telah berhasil mengembangkan konsep boarding school bagi anak-anak di Nunukan. 

“Konsep boarding school ini sangat baik karena tidak hanya mengasah kecerdasan intelektual, tetapi juga kecerdasan emosional dan spiritual. Anak-anak bisa belajar dengan tenang, aman, dan nyaman selama 24 jam,” ujar Bupati.

Ia juga mengingatkan, pendidikan adalah hak setiap warga negara yang harus dijamin oleh pemerintah. Namun, ia mengakui bahwa pemerintah masih memiliki keterbatasan dalam hal anggaran, sarana, prasarana, dan sumber daya manusia. 

Oleh karena itu, ia mengajak semua pihak untuk terus bersinergi dan berkolaborasi dalam mengatasi berbagai tantangan tersebut.

Bupati juga memberikan pesan motivasi kepada seluruh santri dan santriwati SMP Al Izzah Nunukan. Ia mengajak mereka untuk terus belajar dengan tekun dan penuh semangat karena tantangan yang mereka hadapi di masa depan akan semakin berat.

“Belajarlah apa saja karena semua sangat berguna di masa depan, jangan pernah menyerah dan berhenti bermimpi, jadilah generasi cerdas, berakhlak, dan berkontribusi bagi bangsa dan negara,” tutupnya. 

Kepala SMP Al-Izzah Nunukan, Netti, mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Nunukan yang telah membantu pembangunan gedung sekolah barunya.

Sempat berpikir sekolahnya belum mendapat perhatian dari pemerintah, tetapi ternyata ada prosedur yang harus diikuti agar bisa mendapatkan bantuan.

“Alhamdulillah, hari ini bangunan sekolah baru yang kami tunggu-tunggu sudah bisa digunakan, terima kasih Pemerintah Kabupaten Nunukan sudah membangunkan kami sekolah baru,” kata Netti. 

SMP Al Izzah Nunukan Islamic Boarding School saat ini memiliki 59 siswa yang terbagi dalam tiga kelas. Sekolah ini memiliki visi menjadi sekolah unggulan yang mengintegrasikan ilmu pengetahuan, agama, dan budaya lokal.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement