Jumat 08 Dec 2023 13:35 WIB

Ribuan Ibu Nyai NU akan Hadiri Harlah Ke-8 JPPPM di Pesantren Darul Amanah Kendal

Perempuan merupakan guru pertama bagi anak-anak..

Pesantren Darul Amanah Kendal Jawa Tengah
Foto: Pesantren Darul Amanah
Pesantren Darul Amanah Kendal Jawa Tengah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jam'iyyah Perempuan Pengasuh Pesantren dan Mubalighoh (JPPPM) dalam waktu dekat organisasi istri para kiai ini akan melangsungkan acara Harlah ke-8 JPPPM di Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Amanah, Sukorejo, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Pada hari Sabtu dan Ahad, 9 - 10 Desember 2023.

"Nanti akan diikuti oleh kurang lebih sebanyak 2.000 para Ibu Nyai yang tergabung dari ponpes di seluruh Indonesia dan beberapa dari luar negeri. Iya enggak dari Indonesia saja yang hadir, dari mancanegara juga ada, karena ini acara internasional," Kata Gus Muhammad Fatwa, pimpinan Ponpes Darul Amanah, Jumat, (8/12/2023). 

Baca Juga

Acara Harlah tersebut juga nantinya akan dihadiri oleh Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas. Shohibul Ma'had, KH. Mas'ud Abdul Qadir. Bupati Kendal, Dico Ganinduto, dan Ketua Umum JPPPM, Nyai Hj Hannik Maftuhah. 

Maksud dan tujuan acara Harlah ke-8 JPPPM ini, kata Gus Fatwa, adalah untuk penguatan eksistensi JPPPM dalam berkhidmat untuk ummat dan membangun ukhuwah kebangsaan yang nantinya bisa menguatkan persatuan di antara para Ibu Nyai di suluruh Ponpes Indonesia. 

 

"Semoga dengan diadakannya acara ini juga akan menambah semangat dalam mencari ilmu, menambahkan semangat untuk mengajar di pesantren dan memberikan peran perempuan dalam pendidikan agama Islam semakin meningkat, khususnya dari para istri kiai dalam mengasuh pondok pesantren masing-masing," ujar Gus Fatwa. 

Perempuan merupakan guru pertama bagi anak-anak. Selain itu, dalam lingkungan ponpes, nyai juga berperan mengelola serta mendidik para santri yang juga berperan dalam mengawasi dan memberikan pembelajaran.

"Dalam hal ini dibutuhkan sinergi antarorganisasi perempuan di lingkungan Ponpes, agar upaya mendidik ummat semakin efisien," kata Gus Fatwa.

Diketahui bahwa Pondok Pesantren Darul Amanah yang didirikan oleh KH. Mas'ud diantaranya MA,Mts, SMK jurusan tata busana dan komputer jaringan, ssb sekolah sepakbola, TMI muadalah.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement