Jumat 24 Nov 2023 15:18 WIB

Gandeng Empat Lembaga, PB Wanita Al Irsyad Salurkan Donasi Palestina Rp 731 juta

Palestina akan terus mempertahankan kawasannya.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Erdy Nasrul
PB Wanita Al-Irsyad menyalurkan donasi untuk membantu rakyat Palestina sebesar Rp 731.100.000, melalui Laznas Al-Irsyad, Adara Relief International, Medical Emergency Rescue Committee (MER-C), dan Aqsa Working Group (AWG).
Foto: Republika/Umar Mukhtar
PB Wanita Al-Irsyad menyalurkan donasi untuk membantu rakyat Palestina sebesar Rp 731.100.000, melalui Laznas Al-Irsyad, Adara Relief International, Medical Emergency Rescue Committee (MER-C), dan Aqsa Working Group (AWG).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengurus Besar (PB) Wanita Al-Irsyad menyalurkan donasi untuk membantu rakyat Palestina sebesar Rp 731.100.000. Total nilai donasi ini disalurkan melalui empat lembaga yang bermitra dengannya.

Empat lembaga itu ialah Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) Al-Irsyad, Adara Relief International, Medical Emergency Rescue Committee (MER-C), dan Aqsa Working Group (AWG). Penyerahan donasi Palestina kepada empat perwakilan lembaga dilaksanakan secara simbolis di Masjid Abubakar Assiddiq, Cawang, Jakarta, Kamis (23/11/2023).

Baca Juga

Penyerahan donasi dihadiri oleh Ketua Umum PB Wanita Al-Irsyad Dra Fahimah Abdul Kadir Askar, Sekjen PB Wanita Al-Irsyad dr Djamilah Haidar Bahasoean, pimpinan Laznas Al-Irsyad Samsul Bahri, Direktur Utama Adara Relief International Maryam Rachmayani, Ketua Presidium Aqsa Working Group (AWG) M Ansharullah, dan Head of Fundraising Division MER-C Luly Larissa.

Ketua Umum PB Wanita Al-Irsyad, Dra Fahimah Abdul Kadir Askar menyampaikan, Palestina adalah tempat istimewa yang dihuni oleh orang-orang yang luar biasa. Rakyat Palestina bermental baja dan saat ini sedang kesulitan sehingga membutuhkan pertolongan.

 

"Tetapi mereka tidak meminta-minta karena mereka meyakini pertolongan Allah pasti akan datang. Penderitaan mereka adalah panggilan kita untuk membantu secara berkelanjutan melalui berbagai program," kata dia.

Fahimah juga mengatakan, donasi yang terkumpul ini bersumber dari penggalangan dana di seluruh Pengurus Cabang Wanita Al-Irsyad se-Indonesia dan seluruh Irsyadiyah. Dia mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung penggalangan dana ini dan berdonasi untuk rakyat Palestina.

"Alhamdulillah, dana yang terkumpul adalah hasil sumbangan dari seluruh Irsyadiyah di seluruh Tanah Air dan juga di luar negeri yang peduli dan ingin meringankan penderitaan saudara-saudara di Palestina," ujarnya.

Fahimah menekankan, donasi yang terkumpul selama kurang lebih 45 hari ini sangat berarti untuk saudara-saudara di Palestina. Donasi yang disalurkan bukan sekadar sejumlah uang tetapi juga ekspresi cinta dan solidaritas kepada mereka rakyat Palestina yang membutuhkan uluran tangan.

Dalam mengumpulkan donasi, ada sejumlah cara yang dilakukan Wanita Al-Irsyad dalam menggalang kepedulian untuk rakyat Palestina. Di antaranya dengan kegiatan tabligh akbar, bazar sembako murah, long march, dan lainnya. Tujuannya untuk menunjukkan kepedulian kepada rakyat Palestina khususnya di Gaza.

"Dengan bergandengan tangan bersama, yakni Laznas Al-Irsyad, Adara, MER-C, dan Aqsa Working Group, mari kita semangat kebersamaan ini sebagai pemicu untuk peduli terhadap kemanusiaan, yang tidak hanya pada momen sulit ini tetapi juga di sepanjang perjalanan hidup kita. Tanpa kerja sama dan kepedulian, pencapaian ini tidak mungkin terwujud," ucapnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement