Kamis 07 Sep 2023 16:38 WIB

Haedar Nashir: Usulan Pengawasan Tempat Ibadah tidak Usah Dilanjutkan

Jika dilanjutkan menjadi kebijakan, hal itu merupakan langkah mundur.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Ani Nursalikah
Ketua Umum (Ketum) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Prof Haedar Nashir.
Foto: Wihdan Hidayat Republika
Ketua Umum (Ketum) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Prof Haedar Nashir.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir, menanggapi soal usulan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) terkait perlunya pengawasan tempat ibadah. Haedar meminta agar usulan tersebut tak dilanjutkan.

"Kami percaya kepala BNPT dan jajaran BNPT untuk meninjau kembali dan tidak melanjutkan langkah untuk mengawasi tempat ibadah," kata Haedar ditemui di Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII), Kamis (7/9/2023).

Baca Juga

Haedar mengatakan jika usulan tersebut dilanjutkan menjadi kebijakan, maka hal itu merupakan langkah mundur (setback). Menurutnya, jika usulan tersebut diterapkan justru hanya akan memunculkan kesan suasana kebangsaan dramatis.

"Karena kalau masjid nanti ada pengawasan lalu tempat-tempat ibadah lain ada pengawasan, habis itu sekolah misalkan, itu nambah suasana kebangsaan itu makin terkesan dramatis ya, terkesan juga ada alarm," ucapnya.

Haedar menilai, masjid maupun rumah ibadah lainnya memiliki sejarah panjang dengan kehidupan berbangsa. Umat beragama juga dinilai turut berperan memperjuangkan kemerdekaan dengan darah dan meletakkan pondasi keindonesiaan bersama seluruh komponen bangsa.

"Lebih dari itu juga ya memang tidak proporsional karena masjid dan tempat-tempat ibadah menjadi sumber api nilai berbangsa. Bahkan menjadi sumber nilai etika masyarakat," ungkapnya.

Ia juga meminta pemerintah...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement