Jumat 30 Jun 2023 21:03 WIB

Gelar Sholat Idul Adha, KBRI Tunis Rekatkan Silaturahim WNI 

Sholat Idul Adha di KBRI Tunis dihadiri WNI yang mayoritas mahasiswa

Sholat Idul Adha di KBRI Tunis dihadiri WNI yang mayoritas mahasiswa
Foto: Dok Istimewa
Sholat Idul Adha di KBRI Tunis dihadiri WNI yang mayoritas mahasiswa

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA— Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Tunisia menyelenggaran sholat Idul Adha 1444 H di Wisma Duta Besar RI, kawasan Lac 1, Tunis (28/6/2023). 

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Duta Besar RI untuk Tunisia, Zuhairi Misrawi, dan segenap Warga Negara Indonesia di Tunisia, yang umumnya kuliah di Universitas Zaitunah. Imam sholat Idul Adha, Hashif Ulwan dan Khatib, Ardi Pramana.  

Baca Juga

Duta Besar RI untuk Tunisia, Zuhairi Misrawi dalam sambutannya menyampaikan momen Sholat Idul Adha dan ramah-tamah merupakan momen membangun persaudaraan dan kepedulian pada sesama. 

"Momen sholat Idul Adha dan ramah-tamah bagi WNI Tunisia ini dapat menjadi momen yang terus memperkaya persaudaraan keindonesiaan kita. Momen ini khas Perwakilan RI di luar negeri agar kita terus menjalin silaturahim di antara sesama WNI. Selama kita mampu membangun persaudaraan, kehangatan, dan kedekatan pada sesama, maka kita optimis keindonesiaan kita akan semakin kokoh dan kita dapat menginspirasi dunia, bahwa hakikat hidup adalah pengorbanan untuk membangun peradaban perdamaian," ujar Dubes RI kader PDI Perjuangan ini.

 

Dubes Zuhairi Misrawi juga menyampaikan, bahwa esensi Idul Adha mendekatkan diri kepada Tuhan dengan cara meningkatkan kepedulian pada sesama. 

Baca juga: Terpikat Islam Sejak Belia, Mualaf Adrianus: Jawaban Atas Keraguan Saya Selama Ini

"Kita harus meningkatkan kepedulian pada sesama. Kita harus berkurban dan berkorban untuk mereka yang lemah dan membutuhkan uluran tangan. Idul Adha ini harus membangun peradaban kemanusiaan. Mendekatkan diri pada Tuhan Yang Mahakuasa pada hakikatnya mendekatkan kita pada sesama," ujar Dubes RI asal Sumenep, Madura ini.

Sementara Ardi Pramana dalam khutbahnya menekankan agar kita semua dapat mengambil hikmah yang sebesar-besar dari peristiwa kesabaran, keteguhan, dan pengorbanan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS. Idul Adha sejatinya dapat menginspirasi kita perihan keagungan Tuhan.

Kegiatan sholat Idul Adha diakhiri dengan ramah-tamah sesama WNI di Tunisia dan santap kuliner Nusantara. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement