Selasa 20 Jun 2023 23:29 WIB

Rampung Renovasi Usai Kebakaran, Masjid Berusia 357 Tahun Dibuka Kembali di Istanbul

Restorasi masjid dilakukan sesuai dengan bentuk aslinya.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Pekerjaan pemugaran Masjid Vani Mehmed Efendi telah rampung. Masjid Berusia 357 Tahun Dibuka Kembali di Istanbul, Turki
Foto:

Dilansir dari TRT World, Selasa (20/6/2023), langkah pertama yang dilakukan adalah mengganti elemen kayu yang sudah rusak dan hangus seluruhnya akibat kebakaran.

Berdasarkan laporan petugas pemadam kebakaran, ditegaskan bahwa api berasal dari instalasi listrik. Investigasi telah dilakukan, dan laporan yang disiapkan oleh panel ahli tidak memberikan bukti, atau klaim apapun bahwa kebakaran itu dilakukan dengan sengaja.

Investigasi dimulai untuk menentukan penyebab kebakaran dan mengidentifikasi mereka yang bertanggung jawab diakhiri dengan keputusan non-penuntutan. Dalam ruang lingkup pemugaran yang direncanakan sebelum kebakaran, gambar pemindaian laser 3D masjid direkam. Catatan-catatan ini memastikan struktur tersebut dipugar dengan tepat, sesuai dengan bentuk aslinya.

Dalam sebuah wawancara dengan Anadolu Agency, sejarawan seni Idris Botan berbagi wawasan tentang pentingnya sejarah masjid dan menceritakan proses restorasi yang sukses. Menurutnya restorasi yang cermat dibuka dengan mengikis plester asli, penggalian permukaan tanah yang terperinci, dan membongkar komponen kayu dengan hati-hati.

Untuk integritas struktur, aplikasi grouting diterapkan pada dinding dan...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement