Jumat 20 Jan 2023 15:55 WIB

Restorasi Masjid Vanikoy dari Abad Ke-17 Masuk Tahap Akhir

Masjid tepi laut ini pernah menampung banyak sultan yang datang dengan perahu.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Turki merestorasi Masjid Vanikoy dari abad ke 17. Restorasi Masjid Vanikoy dari Abad ke-17 Masuk Tahap Akhir
Foto: Daily Sabah/Saffet Azak
Turki merestorasi Masjid Vanikoy dari abad ke 17. Restorasi Masjid Vanikoy dari Abad ke-17 Masuk Tahap Akhir

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Kebakaran sempat melanda Masjid Vaniköy yang bersejarah pada 2020. Bencana yang hampir memusnahkan bangunan tersebut disebabkan korsleting listrik.

Meski demikian, kini rumah ibadah ini telah siap untuk membuka kembali pintunya. Restorasi yang cermat dilakukan oleh Kalyon Holding sebagai bagian dari proyek Adherence to the City.

Baca Juga

Masjid tepi laut berusia 358 tahun ini pernah menampung banyak sultan yang datang dengan perahu untuk menunaikan sholat. Saat renovasi 18 bulan berakhir, masjid ini disiapkan untuk menyambut warga Istanbul yang ingin beribadah mulai Februari dan seterusnya.

Memasuki tahap akhir pemugaran, pemandangan masjid dari sisi kiri tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata. Pohon berusia 100 tahun masih berdiri tegak, seakan menyambut pengunjung di pintu masuk dengan kehadirannya yang sangat unik. Ia membuat orang-orang tidak akan pernah bosan melihat pemandangan itu selama seribu tahun.

 

Dilansir di Daily Sabah, Jumat (20/1/2023), masjid ini memiliki halaman yang tenang, di mana ombak laut bisa terdengar. Hal tersebut dipercaya akan menjadi titik pertemuan ikonik setelah restorasi, selain menjadi tempat beribadah dan berkumpul.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement