Rabu 20 Sep 2023 16:09 WIB

Masjid Kayu Hypostyle di Turki Masuk dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO

Sebanyak 21 situs di Turki masuk dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO.

Kementerian Luar Negeri Turki mengatakan Masjid Kayu Hypostyle Anatolia Abad Pertengahan di Turki telah ditambahkan ke dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO.
Foto: Anadolu Agency
Kementerian Luar Negeri Turki mengatakan Masjid Kayu Hypostyle Anatolia Abad Pertengahan di Turki telah ditambahkan ke dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO.

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Kementerian Luar Negeri Turki mengatakan Masjid Kayu Hypostyle Anatolia Abad Pertengahan di Turki telah ditambahkan ke dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO.

“Nominasi serial Masjid Kayu Hypostyle Anatolia Abad Pertengahan telah dimasukkan dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO selama Sesi Perpanjangan ke-45 Komite Warisan Dunia yang diadakan di Riyadh, Arab Saudi antara 10 dan 25 September 2023,” kata kementerian dalam sebuah pernyataan, dilansir dari Anadolu Agency, Rabu (20/9/2023).

Baca Juga

 

Properti serial ini terdiri dari lima masjid hypostyle yang dibangun di Anatolia antara akhir abad ke-13 dan pertengahan abad ke-14. Masing-masing berada di wilayah berbeda di Turki.

Komponennya adalah Masjid Agung di provinsi Afyon barat, Masjid Agung Sivrihisar di provinsi Eskisehir tengah, Masjid Ahi Serafettin (Aslanhane) di ibu kota negara Ankara, Masjid Esrefoglu di distrik Beysehir di provinsi Konya tengah, dan Masjid Mahmut Bey di Kasabakoyu di provinsi Kastamonu utara.

 

“Jumlah situs yang terdaftar di Turki dalam Daftar Warisan Dunia telah meningkat menjadi 21 unit. Sistem struktur masjid yang tidak biasa menggabungkan selubung bangunan eksterior yang terbuat dari pasangan bata dengan beberapa baris kolom interior kayu (hypostyle) yang menopang langit-langit dan atap kayu datar. Masjid-masjid ini terkenal dengan keterampilan ukiran kayu dan hasil karya tangan yang digunakan dalam struktur, perlengkapan arsitektur, dan perabotannya,” kata Konvensi Warisan Dunia UNESCO dalam sebuah pernyataan.

 

sumber : https://www.aa.com.tr/en/culture/wooden-hypostyle-mosques-in-turkiye-added-to-unesco-world-heritage-list/2996188#
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement