Ahad 14 May 2023 15:41 WIB

Kabupaten Bekasi Juara Dua STQH Jawa Barat 2023

STQH jadi momentum menguatkan pembelajaran Alquran.

Ilustrasi seleksi STQ
Foto: Edi Yusuf/Republika
Ilustrasi seleksi STQ

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Para Kafilah Kabupaten Bekasi berhasil meraih juara kedua pada Seleksi Tilawatil Quran dan Hadits (STQH) ke-18 tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2023, yang digelar di Pusat Dakwah Islam Kota Bandung pada 7-13 Mei 2023.

Kabag Kesra pada Setda Kabupaten Bekasi Bennie Iskandar mengatakan capaian tahun ini naik satu peringkat dibandingkan tahun sebelumnya yangmenjadi juara tiga.

Baca Juga

"Alhamdulillah, Kabupaten Bekasi tahun ini berhasil meningkatkan prestasi meraih juara dua bersama dengan Kota Bogor dengan total 27 poin," katanya di Cikarang, Ahad (14/5/2023).

Nilai itu didapat setelah Kabupaten Bekasi menempatkan tujuh orang finalis di beragam nomor yang dilombakan dengan hasil empat orang finalis meraih juara pertama, dua finalis urutan kedua, serta satu finalis berada di peringkat ketiga.

Juara pertama diraih MHisyam Syaid di kategori Tilawah Anak Putra, Wafa Maulida Ulfah kategori Satu Juz Putri, Zahwa Fatayat kategori Hadits 100 dengan sanad Putri, serta Muhammad Islahuddin kategori Hadits 500 tanpa sanad Putra.

Kemudian juara dua kategori 5 Juz dan Tilawah Putra olah Muhammad Agil, serta juara dua Tafsir Bahasa Arab Putra yang diraih Muhammad Narazaky Pratama. Satu finalis lain yakni Sahal Haikal Hafis berhasil meraih juara tiga kategori 30 Juz Putra.

Kabupaten Bekasi juga meraih juara harapan masing-masing Muhammad Afham Syakur juara harapan satu kategori 1 Juz dan Tilawah Putra, Hilma Hadaina juara harapan 2 kategori Hadits 500 tanpa sanad Putri, serta Silviana Zahra juara harapan 3 kategori 10 Juz Putri.

Kota Bandung keluar sebagai juara umum dengan poin 33, diikuti Kabupaten Bekasi dan Kota Bogor dengan nilai 27. Peringkat ketiga Kabupaten Tasikmalaya dengan nilai 21, disusul Kabupaten Karawang 13 poin, serta Kabupaten Bogor di peringkat kelima dengan nilai 11.

"Kiatnya kita memang banyak pembinaan, selain yang sudah dijadwalkan pemerintah daerah, dari masing-masing gurunya juga memberikan pembinaan kepada para qori-qoriah, hafiz-hafizah, baik melalui telepon maupun kunjungan santri ke para kyainya," ucap dia.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi juga memberikan dukungan penuh baik dari sisi anggaran maupun uang pembinaan untuk menambah motivasi seluruh peserta.

"Untuk empat orang peserta yang menjadi juara satu, Insya Allah akan memperkuat Kafilah Jawa Barat pada STQH Tingkat Nasional yang akan diadakan di Jambi," katanya.

Dirinya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh tim yang telah bekerja dari mulai pembina, para kyai, ofisial LPTQ, Kemenag Kabupaten Bekasi, serta para peserta yang selalu giat berlatih sehingga mampu meraih hasil optimal.

"Juga berkat support dan komitmen yang tinggi dari pimpinan kami, Pak Pj (Penjabat) Bupati Bekasi, Bapak Sekda, dan Ibu Asda 1, serta para kepala perangkat daerah yang ikut mendukung melakukan monitoring selama acara STQH berlangsung," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement