Rabu 10 May 2023 16:33 WIB

Pemberitaan Al Zaytun Ramai Lagi, Siapa yang Berkepentingan?

Banyak masyarakat yang bertanya kepada MUI tentang Pesantren Al Zaytun.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Pemimpin Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Al Zaytun Indramayu, Panji Gumilang (kopiah hitam). Pemberitaan Al Zaytun Ramai Lagi, Siapa yang Berkepentingan?
Foto:

"Sekarang-sekarang ini saya tidak tahu siapa yang berkepetingan untuk memunculkan ini," ujar Prof Utang kepada Republika.co.id, Rabu (10/5/2023).

Namun, menurut Prof Utang, dengan kontroversi yang dibuat Al Zaytun, akhirnya banyak masyarakat atau ormas Islam yang bertanya kepada MUI tentang pesantren yang dipimpin Panji Gumilang tersebut.

"Apa memang ini karena orang mengambil kesempatan ketika suasana sedang menghadapi Pemilu? Saya tidak tahu maksudnya, tapi kemudian ternyata muncul sekarang ada video-video yg berkembang, yang beredar di masyarakat, dan itu kemudian banyak bertanya ke MUI," ucap Prof Utang.

Dengan banyaknya masyarakat yang bertanya kepada MUI tentang Al Zaytun, maka MUI pun kini telah membentuk tim baru untuk meneliti dan menggali tentang ajaran Islam yang dikembangkan Al Zaytun. Tim tersebut dibentuk pada rapat pimpinan MUI yang digelar pada Selasa (2/5/2023) lalu.

Komisi Pengkajian dan Penelitian MUI menjadi leading sector dari tim peneliti tersebut. Menurut Prof Utang, tim khusus ini juga merupakan gabungan dari beberapa komisi dan lembaga, seperti dari Komisi Fatwa MUI, Komisi Infokom MUI, Lembaga Dakwah Khusus (LDK) MUI, Lembaga Pentashih Buku dan Konten Keislaman (LPBKI) MUI, serta pimpinan MUI Jawa Barat dan MUI Indramayu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement