Selasa 28 Mar 2023 00:20 WIB

Masjid Ukhuwah Islamiyah UI Gelar Beragam Kegiatan Selama Ramadhan

Masjid Ukhuwah Islamiyah telah menyelenggarakan berbagai kegiatan selama Ramadhan

Suasana sholat tarawih di Masjid Ukhuwah Islamiyah atau Masjid UI di Kota Depok, Kamis (23/3/2023). Masjid UI juga menggelar tausiyah setelah rakaat kedelapan tarawih dengan pembicara guru besar FISIP UI, Prof. DR Ibnu Hamad.
Foto: Republika/Alkhaledi Kurnialam
Suasana sholat tarawih di Masjid Ukhuwah Islamiyah atau Masjid UI di Kota Depok, Kamis (23/3/2023). Masjid UI juga menggelar tausiyah setelah rakaat kedelapan tarawih dengan pembicara guru besar FISIP UI, Prof. DR Ibnu Hamad.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Selama Ramadhan tahun ini Masjid Ukhuwah Islamiyah Universitas Indonesia (UI) yang berada di Kampus Depok mengadakan berbagai kegiatan sebagai bagian dari syiar Ramadhan.

Kepala Makara Art Center UI Dr Ngatawi al-Zastrouw di Depok, Senin,menyatakan syiar Ramadhan merupakan bentuk ibadah ghairu mahdhah yaitu ibadah yang tidak ada petunjuk pelaksanaan dan teknis secara jelas dalam teks.Ibadah jenis ini memberikan ruang bagi umat Islam untuk melakukan inovasi.

Baca Juga

Para ulama, khususnya ulama Nusantara, kata dia, telah memberikan contoh dalam melakukan inovasi dalam ibadah ghairu mahdhah ini sebagaimana tercermin dalam tradisi halal bi halal buka bersama, imsak, dan sejenisnya, termasuk pelaksanaan syiar Ramadhan.

Selanjutnya Zastrouw menyatakan melalui inovasi kreatif seperti ini ajaran Islam dapat diterima dengan mudah dan penuh suka cita oleh bangsa di Nusantara hingga lestari sampai saat ini.

Ketua Masjid Ukhuwah Islamiyah kampus UI Depok KH. Ahmad Solechan menyampaikan masjid Ukhuwah Islamiyah telah menyelenggarakan berbagai kegiatan, baik dalam bentuk kajian Islam, gerakan sosial, maupun gelar budaya.

Semua ini di maksudkan untuk menanamkan nilai-nilai Islam yang rahmatan lil ?alamin dan menumbuhkan sikap moderat, kreatif dan inovatif dalam beragama.

"Alhamdulillah kegiatan yang diselenggarakan Masjid Ukhuwah Islamiyah kampus UI Depok mendapat respons positif dari masyarakat. Namun demikian kami tetap mengajak sivitas akademika UI untuk tetap intens berpartisipasi agar lebih syiar," kata KH Achmad Solechan.

Acara pembukaan syiar Ramadhan Masjid Ukhuwah Islamiyah kampus UI ini juga dihadiri oleh staf Khusus (stafsus) Menteri Agama bidang Komunikasi dan MediaPrasetyo Wibowo, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bogor Syukri Ahmad Fanani, beserta ratusan jamaah dari elemen sivitas akademika UI, dan masyarakat umum.

Selain gelar seni shalawat dan tausiyah budaya, syiar Ramadhan masjid UI Depok juga dimeriahkan keberadaan stankuliner yg ada di sekitar masjid.

Acara syiar Ramadhan masjid UI ini akan berlangsung setiap hari selama bulan Ramadhan dengan berbagai agenda kegiatan yang menarik.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement