Ahad 25 Dec 2022 01:05 WIB

Islamofobia di Brasil, Muslimah Takut Memakai Jilbab

Muslimah dari kelompok miskin lebih rentan diskriminasi di jalanan dan tempat kerja.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Muslim Brasil shalat berjamaah di Mesquita da Luz, masjid pertama di Rio de Janeiro. Islamofobia di Brasil, Muslimah Takut Memakai Jilbab
Foto:

Studi tersebut menunjukkan 42 persen mualaf harus menghadapi penolakan keluarga terhadap agama baru mereka. “Itu terkait dengan cara Islam digambarkan oleh pers, menurut narasumber,” kata Barbosa.

Menurut Sheikh Ali Abdune, yang mengepalai Majelis Pemuda Muslim Dunia di Brasil, Muslim telah menjadi korban propaganda penipuan yang disebarluaskan oleh media sejak lama. “Informasi yang salah begitu luar biasa sehingga banyak orang bahkan tidak tahu Islam adalah sebuah agama,” keluhnya.

Abdune menekankan banyak Muslim non-Arab telah memberitahunya tentang kasus pengucilan yang mereka derita di antara kerabat atau di tempat kerja. “Mereka tentu lebih rentan terhadap diskriminasi,” katanya.

Muslimah tanpa jilbab

Itulah mengapa keputusan mengenakan penutup kepala mungkin merupakan proses yang panjang dan sulit bagi banyak wanita Muslim di Brasil. Poliana de Souza membutuhkan waktu tiga tahun setelah menjadi mualaf untuk memutuskan memakainya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement