Jumat 05 Aug 2022 18:39 WIB

Kejahatan Kebencian Terhadap Muslim Kanada Melonjak 71 Persen

Kanada telah menyaksikan retorika anti-Muslim selama beberapa dekade.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Pemakaman Keluarga Muslim Kanada Dihadiri Ratusan Pelayat. Pemakaman keluarga Muslim korban islamofobia di Islamic Centre of Southwest Ontario, London, Ontario, Kanada dihadiri ratusan pelayat, Sabtu (12/6). Tampak peti mati keluarga Afzaal yang dibungkus bendera Kanada. Kejahatan Kebencian Terhadap Muslim Kanada Melonjak 71 Persen
Foto:

Islamofobia Mematikan

Para ahli di Kanada sebelumnya mengatakan, sementara negara itu dilihat oleh dunia luar sebagai surga bagi multikulturalisme, Kanada telah menyaksikan retorika anti-Muslim selama beberapa dekade baik dari politisi maupun media. Data dari Statistics Canada menunjukkan kejahatan kebencian terhadap Muslim telah meningkat selama dekade terakhir.

Tahun lalu, NCCM merilis sebuah laporan yang mencantumkan 61 rekomendasi yang mencakup pengembangan strategi anti-Islamofobia federal untuk memasukkan definisi yang jelas tentang Islamofobia serta pendanaan untuk membantu mendukung korban kejahatan bermotif kebencian.

Kelompok itu juga menyerukan provinsi-provinsi Kanada untuk memastikan direktorat anti-rasisme mereka memiliki sumber daya yang baik dan bagi kotamadya untuk mendanai upaya berbasis masyarakat untuk mengatasi Islamofobia.

"Meskipun kami telah mendengar banyak kata dari politisi yang mengutuk Islamofobia dan berdiri dalam solidaritas dengan Muslim di Kanada, tetapi tindakan untuk mengatasi Islamofobia berjalan sangat lambat,” kata kelompok itu.

"Kita tidak bisa berdiam diri dan melihat lebih banyak nyawa hilang. Islamofobia mematikan dan kita perlu melihat tindakan sekarang,” tambahnya

Menanggapi seruan ini, pemerintah Kanada membuka aplikasi untuk utusan untuk memerangi Islamofobia, peran yang akan menjangkau masyarakat dan memberi nasihat kepada perdana menteri dan pemerintah tentang cara terbaik untuk memerangi kebencian terhadap Muslim di Kanada.

Laporan dari Statistics Canada juga menunjukkan bahwa serangan terhadap Muslim bukan satu-satunya jenis kejahatan yang meningkat. Serangan yang menargetkan orang Yahudi naik 47 persen, dan serangan terhadap umat Katolik meningkat 260 persen. Secara total, jumlah kejahatan rasial meningkat dari 2.646 pada 2020 menjadi 3.360 pada 2021, naik sebanyak 27 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement