Senin 06 Sep 2021 15:00 WIB

Komunitas Muslim Inggris Rasakan Dampak 9/11

Suasana di sekitar komunitas Muslim Inggris setelah 9/11 menjadi kacau.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Agung Sasongko
Orang-orang Shalat di Masjid London Timur & Pusat Muslim London di London timur, Inggris, Rabu (14/4). Untuk kegiatan Ramadhan, setelah bulan suci harus diamati selama pembatasan virus korona tahun lalu tanpa pertemuan doa komunitas biasa,
Foto:

“Generasi muda jauh lebih terlibat secara politik karena mereka harus melakukannya. Fokusnya adalah pada mereka dalam hal terorisme dan kontra-terorisme,” tambah Choudhury.

Dia mengatakan laju integrasi di antara kaum muda Muslim telah meningkat. Terlebih, khususnya perempuan banyak yang melanjutkan ke pendidikan tinggi. Hal tersebut menyebabkan ruang lingkup yang lebih luas dalam aktivisme politik.

“Muslim sangat aktif dalam politik serikat mahasiswa. Seorang wanita Muslim baru-baru ini menjabat sebagai presiden Persatuan Pelajar Nasional. Mereka telah membangun berbagai aliansi, suatu bentuk integrasi dengan organisasi lain seperti Black Lives Matter,” tambahnya. 

 

Representasi Muslim juga meningkat di tingkat nasional. Pada 9/11, hanya ada dua anggota Parlemen Inggris yang beragama Islam sedangkan saat ini ada 18. Politisi Muslim terkenal lainnya termasuk Wali Kota London Sadiq Khan, Menteri Kesehatan Sajid Javid, dan pemimpin Partai Buruh Skotlandia Anas Sarwar. n Meiliza Laveda

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement