Rabu 30 Jun 2021 14:05 WIB

Dunia Harus Akui Islamofobia adalah Bentuk Rasialisme

Muslim yang tidak bersalah yang tinggal di negara Barat diserang tindakan rasialis.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Dunia Harus Akui Islamofobia adalah Bentuk Rasialisme. Demonstrasi menentang islamofobia di Prancis.
Foto:

Efek migrasi

Sebagian besar negara Muslim, terutama di Timur Tengah harus menghadapi perang saudara, ketidakstabilan politik, dan perampasan ekonomi. Ini menyebabkan banyak dari warganya bermigrasi ke negara lain berharap adanya kehidupan yang lebih baik.

Salah satu tujuan pertama mereka adalah negara-negara di Eropa. Dalam perkembangannya, Islam sebagai agama dengan pertumbuhan tercepat di dunia. Islam saat ini menjadi agama terbesar kedua di banyak negara Eropa.

Banyak dari kalangan Muslim mulai muncul di berbagai bidang masyarakat dan terlibat dalam politik domestik. Namun, beberapa negara Eropa menganggap penyebaran Islam dan peningkatan Muslim sebagai ancaman terhadap cara hidup dan politik mereka.

Salah satu bentuk rasialisme

Alasan utama kebangkitan praktik anti-Islam di dunia adalah munculnya xenofobia, rasialisme dan ultranasionalisme, serta sikap pemerintah Barat. Saat pemerintah Barat mengasingkan agama, negara, atau aktor politik apa pun, sebagian besar negara non-Barat juga melakukan hal serupa. Akibatnya, persepsi negatif Barat dan non-Barat tentang Islam sepenuhnya dibangun secara politis.

Namun, baru-baru ini Islam dan Muslim telah menjadi sasaran di negara-negara Barat setiap hari. Muslim yang tidak bersalah yang tinggal di negara-negara Barat sering diserang oleh tindakan rasialis. Untuk mengakhiri situasi ini, negara-negara Eropa dan lembaga-lembaga Uni Eropa perlu mengakui sikap anti-Islam sebagai bentuk rasialisme.

Mirip dengan perspektif politik yang menargetkan semua anggota agama atau etnis, ideologi anti-Islam juga merupakan bentuk rasialisme dan harus ditentang. Pemerintah Barat dan non-Barat harus berhenti menganggap Islam dan Muslim bertanggung jawab atas masalah apa pun di dunia dan harus memerangi segala bentuk diskriminasi dan rasialisme. 

 

https://www.dailysabah.com/opinion/columns/the-world-must-admit-anti-islam-is-racism-too

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement