Selasa 11 May 2021 04:10 WIB

Cara Baru Muslim AS Rayakan Ramadhan Selama Pandemi

Pandemi memaksa masjid di AS untuk menutup pintunya.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Umat Muslim membaca Al-Quran sebelum melaksanakan shalat tarawih di Pusat Komunitas Muslim Chicago, Senin (12/4). Umat Muslim di AS tergolong multietnis dan nasionalitas. Tercatat jumlah umat Muslim Chicago mencapai angka 350 ribu jiwa atau lima persen dari populasi. Terdapat pula penganut Islam yang merupakan warga kulit putih AS dan Hispanik (keturunan latin). Namun, sejak lama Chicago terkenal sebagai wilayah konsentrasi kaum Muslim Afro-Amerika. Meski berbeda bahasa, adat maupun budaya, akan tetapi dalam beberapa kesempatan, terutama pada ibadah shalat serta aktivitas Ramadhan, satu sama lain akan menanggalkan perbedaan untuk bersatu di bawah panji kitab suci Alquran dan sunnah Nabi. Umat Muslim Chicago benar-benar menikmati perbedaan yang ada dan mempererat tali ukhuwah di saat bersamaan. (AP Photo/Shafkat Anowar)
Foto:

"Salah satu hal menarik tentang Islam di Amerika dan komunitas Muslim adalah bahwa komunitasnya begitu internasional dan begitu beragam sehingga orang seperti saya yang berasal dari utara St. Louis County menjadi terbiasa makan mansaf (daging domba yang dimasak di yogurt), masakan Palestina yang berbeda dan masakan Pakistan dan Bangladesh yang berbeda. Ini seperti membuka selera kami terhadap semua hidangan dan rasa yang berbeda ini," tuturnya.

Di sisi lain, seorang pengrajin logam dan pemilik merek perhiasan kuningan Mahnal, Shayba Muhammad, mendonasikan keuntungannya bulan ini ke Fit & Food Connection, sebuah lembaga nonprofit di St. Louis yang membantu orang mengakses makanan sehat, kelas kebugaran, dan pendidikan kebugaran.

"Salah satu hal yang saya anggap indah tentang Ramadhan adalah kita memiliki kesempatan untuk mengingat saudara-saudara kita yang tidak memiliki akses makanan secara teratur," katanya.

Muhammad menambahkan, sebetulnya konsep puasa itu lebih dari sekadar batasan fisik. Menurutnya puasa memiliki hubungan dengan segala sesuatu yang dilakukan dalam hidup. "Ini mempertajam Anda dengan banyak cara dan memperkaya hidup dengan banyak cara," ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement