Senin 11 Jan 2021 14:19 WIB

Muslim Makin Banyak, Masjid di Jepang Menjamur

Umat Muslim di Jepang diperkirakan berjumlah 200 ribu jiwa.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Muslim Makin Banyak, Masjid di Jepang Menjamur. Masjid Camii Tokyo, Jepang
Foto:

"Jamaah datang dari seluruh wilayah Kanto, seperti juga turis dari negara-negara Islam. Bagi umat, ini seperti tempat perlindungan," kata kepala hubungan masyarakat Muslim Jepang, Shigeru Shimoyama (70).

Perkembangan masjid di Jepang ini tentu saja menuai kritikan dari mereka yang tidak menyukai Islam. Misalnya, seorang perempuan yang kerap kali mengeluh apabila umat Islam menggelar solat Jumat sehingga jalan menuju masjid sering dipenuhi orang-orang selama waktu masuk dan keluar, dan banyak mobil yang diparkir di jalan-jalan terdekat.

"Inilah mengapa saya membenci Islam," kata dia.

Menurut Shimoyama, agar Muslim dapat diterima oleh masyarakat di Jepang, mereka membuat perhatian khusus. Seperti memberikan perhatian pada isu-isu seputar pembuangan sampah, kebisingan di jalanan, parkir mobil di jalanan dan hal-hal lain.

"Terkadang masjid juga mengundang tetangganya ke acara kuliner dan acara lainnya," kata Shimoyama.

Menjamurnya masjid-masjid di Jepang juga tidak semulus terlihat. Faktanya ada saja perselisihan yang terjadi, misalnya pembangunan masjid oleh mahasiswa luar negeri di Universitas Kanazawa di Prefektur Ishikawa, Jepang tengah. Pendirian masjid ini sempat mendapat tentangan dari asosiasi lingkungan ketika rencana itu muncul pada 2012.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement