Rabu 04 Dec 2019 17:04 WIB

Puluhan Penerbit Siap Bersaing Rebut Islamic Book Award

IBA 2020 ini, pihak panitia penyelenggara menyediakan delapan kategori .

Rep: Syahruddin el-Fikri/ Red: Agung Sasongko
Islamic Book Fair Award 2019. foto (ilustrasi)
Foto:

Vanda menegaskan, pada IBA 2020 ini, pihak panitia penyelenggara menyediakan delapan kategori penilaian buku terbaik. “Yakni Buku Islam Terbaik Kategori Fiksi Anak, Buku Islam Terbaik Kategori Non Fiksi Anak, Buku Islam Terbaik Kategori Fiksi Dewasa, Buku Islam Terbaik Kategori Non Fiksi Dewasa, Buku Islam Terbaik Kategori Terjemahan, Buku Islam Terbaik Kategori Ilustrasi, dan Buku Islam Terbaik Kategori Desain Sampul (cover), dan Buku Islam Terbaik Kategori Tata Letak,” ujarnya.

Dari delapan kategori tersebut, kata Vanda, sudah lebih dari 100 judul yang masuk ke panitia. Terdiri atas kategori fiksi anak sebanyak 32 judul, fiksi dewasa (19 judul), non fiksi anak (10 judul), non fiksi dewasa (36 judul), terjemahan (3 judul), ilustrasi (29 judul), desain sampul (50 judul), dan tata letak sebanyak 25 judul.

“Saat ini panitia penyelenggara masih membuka pendaftaran bagi penerbit yang akan mengirimkan bukunya. Insya Allah, pertengahan Desember 2019 ini akan ditutup,” ujar Vanda. 

Adapun syarat bagi penerbit yang ingin mengikutsertakan karyanya pada Islamic Book (IB) Award ini antara lain merupakan karya asli dan bukan terjemahan (khususnya untuk fiksi dan non-fiksi); bukan saduran atau plagiat sebagian maupun seluruhnya; terbit pertama dengan cetakan tahun 2016-2018; memiliki kode International Standard Book Number  (ISBN) atau European Article Number  (EAN); bukan merupakan kumpulan tulisan ilmiah, kamus atau ensiklopedi (khusus non fiksi). 

Karena itu, ia mengajak para penerbit dan penulis untuk segera mengirimkan karyanya sebanyak empat eksemplar per kategori untuk dinilai oleh dewan juri. Di antara para dewan juri IBA 2020 ini adalah Prof Nasaruddin Umar, Dr Adian Husaini, dan Ahmadun Yosi Herfanda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement