Jumat 01 Nov 2019 17:14 WIB

Soal Cadar, Jokowi Minta ASN Patuhi Aturan Berpakaian

Jokowi menghormati cara berpakaian orang.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Muhammad Hafil
Wanita bercadar.  (ilustrasi)
Foto: AP/Dar Yasin
Wanita bercadar. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) turut mengomentari polemik larangan pakaian bercadar dan celana cingkrang di institusi pemerintahan. Menurut dia, setiap pegawai institusi pemerintahan harus mematuhi aturan di masing-masing institusinya.

"Tetapi di sebuah institusi, kalau memang itu ada ketentuan cara berpakaian, ya tentu saja harus dipatuhi," ujar Jokowi saat berbincang bersama awak media di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (1/11). 

Baca Juga

Namun, Jokowi menghormati cara berpakaian masing-masing orang. Hal itu, kata dia, merupakan kebebasan pilihan tiap orang.

"Kalau saya ya yang namanya cara, cara berpakaian, cara berpakaian itu kan sebetulnya pilihan pribadi-pribadi, pilihan personal atau kebebasan pribadi setiap orang," tambahnya.

Sebelumnya, Menteri Agama Fachrul Razi meminta polemik cadar dan celana cingkrang diakhiri. Ia pun menegaskan, dirinya tak pernah menyampaikan larangan penggunaan cadar di lingkungan pemerintah. Menurutnya, ia hanya menjelaskan tak ada ketentuan yang mengatur secara jelas di dalam Al-quran maupun hadist terkait penggunaan cadar.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement