Sabtu 28 Sep 2019 16:16 WIB

Motor Pintar Laznas LMI untuk Literasi di Kota Banjarmasin

Motor pintas ini merupakan kado ulang tahun kota Banjarmasin.

Laznas LMI Kalimantan Selatan memberi kado ulang tahun kepada Kota Banjarmasin berupa motor pintar, sebuah kendaraan roda tiga yang didesain untuk mengangkut ratusan buku.
Foto: Laznas LMI
Laznas LMI Kalimantan Selatan memberi kado ulang tahun kepada Kota Banjarmasin berupa motor pintar, sebuah kendaraan roda tiga yang didesain untuk mengangkut ratusan buku.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kota Banjarmasin baru saja memasuki usia 493 tahun pada tanggal 24 September. Di bulan yang sama, Laznas Lembaga Manajemen Infaq (LMI) pun memperingati milad ke-24. Bersamaan dengan ini, maka hari ini (27/9) Laznas LMI Kalimantan Selatan memberi kado ulang tahun kepada Kota Banjarmasin berupa motor pintar, sebuah kendaraan roda tiga yang didesain untuk mengangkut ratusan buku.

Wali Kota Banjarmasin H. Ibnu Sina hadir untuk menerima langsung motor pintar yang diserahkan oleh Laznas LMI Kalsel. Bukan hanya mengamati saja, orang nomor satu di Banjarmasin ini pun mencoba untuk mengendarainya. Ia berharap dengan desain motor pintar yang tidak terlalu besar ini dapat menjangkau banyak tempat.

“Motor pintar ini merupakan perpustakaan berjalan, semoga bisa mobile ke kecamatan-kecamatan, dari kelurahan ke kelurahan. Satu unit (motor pintar) kira-kira bisa menampung sampai seribu buku,” ucapnya dalam siaran persnya.

Kehadiran motor pintar diharapkan dapat memancing minat baca warga Banjarmasin, terlebih anak-anak yang saat ini lebih disibukkan dengan bermain gawai. Buku-buku yang menjadi koleksi motor pintar pun beragam, mulai buku anak, sirah, buku kewirausahaan, sampai buku kebencanaan. Keberagaman genre buku ini diharapkan dapat membuka ruang diskusi untuk pembaca, khususnya antara anak dan orang tua.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin Totok Agus Daryanto yang ada di lokasi pun turut mengapresiasi motor pintar. Baginya, ini merupakan langkah besar dalam menggiatkan literasi warga, baik tua maupun yang muda.

Senada dengan Totok, Kepala Kanwil Laznas LMI Kalsel Khoirul Nur Mustaqim pun berharap ini awalan untuk meningkatkan minat baca.

“Berawal dari Motor Pintar ini, kami yakin akan semakin banyak warga yang mendapat akses buku-buku berkualitas. Apalagi, jika nanti minat baca semakin tinggi, semoga Banjarmasin memiliki pojok baca di setiap taman dan di setiap lingkungan sekolah. Sehingga kota ini dapat mewujudkan impiannya sebagai kota literasi,” harap Khoirul.

Armada motor pintar merupakan bantuan dari program CSR PT Pelindo III, Regional Kalimantan. Lebih lanjut, untuk mendukung gerakan literasi di Banjarmasin, melalui program wakaf sejuta buku mobil pintar, Laznas LMI Kalsel menerima donasi berbagai genre bacaan dengan menghubungi hotline 082257005752.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement