Rabu 18 Sep 2024 10:12 WIB

8 Tanya Jawab Ini Jelaskan Mengapa Ledakan Pager Hizbullah Bisa Terjadi

Ledakan pager di Lebanon melukai ribuan pejuang Hizbullah

Suasana selepas peledakan ratusan pager di Lebanon pada Selasa (17/9/2024).
Foto: AP Video
Suasana selepas peledakan ratusan pager di Lebanon pada Selasa (17/9/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, BEIRUT- Sembilan orang gugur dan sekitar 3.000 pejuang Hizbullah Lebanon terluka pada hari Selasa (17/9/2024) di Lebanon selatan dan pinggiran selatan Beirut setelah radio pager mereka meledak, dalam sebuah operasi yang kemungkinan besar dilakukan oleh Israel.

Meskipun ada beberapa penjelasan yang saling bertentangan tentang bagaimana serangan tersebut dilakukan, berikut ini adalah apa yang kami ketahui sejauh ini:

Baca Juga

1. Apa itu pager?

Pager adalah perangkat komunikasi radio kecil yang dikembangkan pada 1960-an untuk digunakan dalam situasi darurat.

Pager mengandalkan pengiriman sinyal digital melalui gelombang radio untuk memberi tahu pengguna bahwa seseorang telah mencoba menghubungi mereka, dan pesan SMS juga dapat dikirim melalui perangkat ini.

Sebelum munculnya ponsel, pager adalah alat komunikasi yang umum digunakan, terutama di kalangan dokter yang bekerja shift malam dan personel layanan darurat, dan juga digunakan di bidang militer dan keamanan.

2. Mengapa anggota Hizbullah membawanya?

Pager adalah teknologi yang relatif tua yang tidak dapat terhubung ke internet, sehingga dianggap relatif aman dari peretasan dunia maya dan upaya mata-mata dan pelacakan yang biasa terjadi ketika menggunakan ponsel atau smartphone, itulah sebabnya mengapa masih digunakan di bidang militer dan keamanan, dan ini kemungkinan besar adalah alasan mengapa para anggota Hizbullah memiliki perangkat ini.

3. Bagaimana perangkat itu meledak?

Masih terlalu dini untuk mengetahui secara pasti bagaimana perangkat ini meledak, karena penjelasan tentang alasannya masih beredar, yang paling menonjol adalah bahwa sebuah chip ditanamkan pada semua pager sebelum diimpor dan digunakan oleh para operator Hizbullah.

BACA JUGA: Media Barat Ini Bongkar Praktik Kawin Kontrak Alias Nikah Mutah di Puncak, Begini Faktanya

Chip tersebut diaktifkan oleh gelombang radio yang dikirim oleh pesawat tak berawak yang diluncurkan di seluruh Lebanon oleh pendudukan Israel, yang akan meledakkan chip tersebut atau membuat baterai perangkat menjadi terlalu panas, sehingga meledak.

Reuters mengutip sumber-sumber Lebanon yang mengonfirmasi bahwa perangkat komunikasi yang meledak adalah “model terbaru” yang dibawa oleh Hizbullah selama beberapa bulan terakhir.

Wal Street Journal juga...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement