Senin 09 Sep 2024 22:02 WIB

Akankah Umat Yahudi, Kristen, dan Islam Senantiasa Rukun? Ini Jawaban Seorang Rabi

Doktrin teologi masing-masing agama adalah perbedaan yang niscaya

Kerukunan Beragama (Ilustrasi).Doktrin teologi masing-masing agama adalah perbedaan yang niscaya
Foto: Republika/Mardiah
Kerukunan Beragama (Ilustrasi).Doktrin teologi masing-masing agama adalah perbedaan yang niscaya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-Sebuah penelitian terbaru terhadap 247 musisi profesional menemukan bahwa harapan tampaknya lebih bermanfaat daripada perhatian penuh dalam membantu orang mengelola stres dan tetap terlibat secara profesional selama periode stres yang berkepanjangan di tempat kerja. Studi ini menggarisbawahi pentingnya melihat ke depan, daripada hidup 'pada saat ini,' selama masa-masa sulit.

Paus Fransiskus mendesak negara Muslim terbesar di dunia, Indonesia, untuk memenuhi janjinya tentang “harmoni dalam keberagaman” dan melawan intoleransi agama.

Baca Juga

Alkitab Ibrani adalah Kitab Suci tertua dan terbesar dari tiga agama Ibrahim. Kitab Suci Ibrani adalah kumpulan besar (305.358 kata dalam bahasa Ibrani) dari kitab-kitab yang diilhami Ilahi yang ditulis selama hampir seribu tahun, oleh 48 nabi laki-laki dan 7 nabi perempuan (Talmud Megillah 14a); ditambah lagi dengan sejarawan, pujangga, dan filsuf yang tidak disebutkan namanya.

Perjanjian Baru dalam bahasa Yunani jauh lebih pendek (total 138.162 kata dalam bahasa Yunani); dan ditulis dalam kurun waktu 30-90 tahun, oleh empat penulis Injil ditambah dengan setengah lusin penulis lain yang semuanya menulis dalam bahasa (Yunani) yang tidak pernah digunakan oleh Nabi Yohanes dan Nabi Isa.

Alquran dalam bahasa Arab masih lebih pendek lagi (total 77.934 kata dalam bahasa Arab) yang dibacakan hanya oleh Nabi Muhammad SAW selama kurang dari dua lusin tahun dan ditulis oleh murid-muridnya sendiri.

Masalah yang penting bukanlah teks mana yang paling tua atau yang paling baru; masalahnya adalah “Dapatkah Tiga Agama Ibrahim Hidup Secara Harmonis?”

Umat Kristen percaya bahwa Yesus adalah Anak Ilahi yang unik dari Allah yang Esa. Umat Muslim percaya bahwa Yesus adalah salah satu Nabi Allah, Firman dan Mesias manusia. Orang Yahudi percaya bahwa Yesus adalah seorang guru Yahudi yang menyembuhkan (rabi) anak manusia seperti Nabi Yehezkiel.

Saya percaya bahwa karena ketiga agama Ibrahim masing-masing menyatakan bahwa agama tersebut sepenuhnya monoteistik; jika kita tidak dapat menemukan keselarasan yang berpikiran terbuka di antara pandangan ketiga agama Ibrahim tersebut, itu karena kita terlalu berpikiran literal. 

BACA JUGA: Heboh Kumpul Kebo di Mesir Dihalalkan Merujuk Abu Hanifah, Ini 7 Peringatan Al-Azhar

Pertempuran misionaris Kristen melawan agama Yahudi dan Islam mencapai tingkat permusuhan yang baru dimulai di Spanyol pada abad kesepuluh; hal ini membuat para cendekiawan Muslim seperti Ibn Hazm menanggapinya dengan sangat keras.

Kebenaran agama di Eropa, dan kemudian di Timur Tengah, menjadi zero sum game: apa pun yang dikatakan positif tentang agama lain dianggap melemahkan pihak Anda sendiri. Tujuannya bukan untuk menyelaraskan berbagai perspektif agama tentang Tuhan yang esa dan tunggal, tetapi untuk membesar-besarkan perbedaan agama, jauh di luar pemahaman yang masuk akal dari kedua belah pihak.

Dalam permainan...

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement