Sabtu 24 Aug 2024 15:17 WIB

Ternyata Begini Dakwah Sunan Gunung Jati sehingga Islam jadi Agama Terbesar di Indonesia

Pentas Ketoprak Sunan Gunung Jati perkuat moderasi beragama

Rep: Muhyiddin/ Red: Erdy Nasrul
pentas ketoprak bertajuk Wo Ai Ni di Gunung Jati.
Foto: Muhyiddin/Republika
pentas ketoprak bertajuk Wo Ai Ni di Gunung Jati.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Agama (Kemenag) menggelar Pentas Ketoprak bertajuk "Wo Ai Ni di Gunung Jati" di Bidakara, Jakarta, Jumat (23/08/2024) malam. Acara ini menampilkan kisah Sunan Gunung Jati, salah satu Walisongo, yang mengisahkan perjuangannya dalam membangun harmoni antara budaya dan agama.

Pentas ini disutradarai oleh Agus Marsudi, sedangkan tokoh diperankan Anwar Sanusi sebagai Sunan Gunung Jati, Wida Sukmawati sebagai Nyimas Pakungwati), dan bintang tamu spesial Ayu Azhari sebagai Nyi Ageng Suropati.

Baca Juga

Dikisahkan, sebagai raja, Sunan Gunung Jati dikenal sebagai pemimpin yang bijaksana dan adil. Ia memperhatikan kesejahteraan rakyatnya dan berupaya menjaga kerukunan serta stabilitas di wilayahnya. Pada saat itu, Cirebon menjadi kota yang plural, mengingat penduduknya bukan hanya dari Jawa dan Sunda saja, tetapi juga dari China dan Arab.

Sebagai tokoh wali dengan nama asli Syarif Hidayatullah, ia menggunakan pendekatan yang menggabungkan antara ajaran Islam dengan budaya lokal. Ini termasuk seni, adat istiadat, dan bahasa setempat sehingga ajaran Islam lebih mudah diterima oleh masyarakat.

Salah satu sikap toleran yang menunjukkan hal itu adalah, ia mengizinkan pendirian tempat ibadah klenteng, di wilayah kekuasaannya. Tidak hanya memberikan izin, Sunan Gunung Jati juga menyumbangkan sebuah pohon yang ditanam di halaman klenteng tersebut.

Sejumlah pejabat tinggi turut hadir dalam acara tersebut, antara lain Wakil Menteri Agama, Ketua Komisioner KPI, perwakilan Komisi VIII, dan beberapa Duta Besar. Dalam kesempatan ini, Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, Kamaruddin Amin, memberikan sambutan tentang pentingnya seni ketoprak dalam perjalanan sejarah bangsa.

“Ketoprak adalah cermin budaya yang memantulkan kearifan lokal serta nilai-nilai luhur yang harus terus diwariskan. Ketoprak juga mengajarkan kita tentang kebijaksanaan, cinta, pengorbanan, kebenaran, dan keadilan yang tak lekang oleh zaman," ujar Kamaruddin dalam siaran persnya, Sabtu (24/8/2024).

Ia menjelaskan, Sunan Gunung Jati yang bernama asli Syarif Hidayatullah menggunakan budaya sebagai medium dakwah. Seni ketoprak, kata dia, mengemban peran serupa dalam menyemai nilai-nilai moderasi beragama, yang mengajarkan harmoni, penghargaan terhadap perbedaan, dan kebhinekaan sebagai kekuatan bangsa.

"Ketoprak menjadi sarana untuk menyatukan hati, menanamkan kesadaran bahwa dalam perbedaan ada persamaan yang menyatukan kita sebagai umat manusia," jelas dia di hadapan ratusan hadirin.

 

 

 

Lihat halaman berikutnya >>>

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement