Senin 12 Aug 2024 05:52 WIB

Cara Muslim Menentukan Arah Kiblat, dari Trigonometri Hingga Pakai GPS

Muslim abad pertengahan menggunakan trigonometri untuk menentukan kiblat.

Umat Islam menutup kepalanya dari terik matahari seusai seusai berlangsung peristiwa Rashdul Qiblah atau waktu matahari tepat di atas Ka bah di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, Senin (27/5/2024). Pada momen yang terhadi pukul 12.18 waktu Arab Saudi tersebut seluruh benda yang berdiri tegak lurus akan sejajar dengan arah kiblat, hal tersebut berguna dan merupakan kesempatan bagi masyarakat yang ingin mengukur serta menegaskan kebenaran arah kiblat.
Foto:

Seiring kemajuan lebih lanjut, kompas digunakan bersama dengan indikator kiblat lainnya seperti Jam Matahari dan indikator Kiblat Persia, yang semuanya cukup terkenal selama abad ke-18. Pada akhir abad ke-20, alat berbasis kompas dibuat untuk membantu umat Islam menemukan kiblat dengan cepat.

Sebuah kompas yang ditandai dan diberi kode khusus untuk kota-kota besar di seluruh dunia dan dengan gambar Ka'bah di dalam dialnya pernah menjadi populer di masanya. Kompas serupa yang menempel di sajadah portabel juga menjadi umum dijual di seluruh dunia.

Pada  abad sekarang, keadaan menjadi lebih baik bagi umat Islam. Dengan menjamurnya smartphone dan gadget digital lainnya, masalah yang biasa dihadapi saat mencari kiblat berangsur hilang.

Dengan perangkat seperti jam tangan, ponsel atau perangkat GPS genggang, umat Islam kini lebih mudah menemukan arah kiblat. Alat tersebut tentunya telah dilengkapi dengan kompas atau peta yang relevan untuk bisa menemukan kiblat secara real-time.

Tren terbaru adalah penggunaan Location Based Services (LBS). LBS melibatkan solusi perangkat lunak yang dikonfigurasi untuk bekerja dengan perangkat seluler genggam, yang pada gilirannya beroperasi pada jaringan nirkabel tertentu.

Ketika digunakan bersama dengan aplikasi server Sistem Informasi Geografis (GIS), aplikasi ini dengan mudah memberikan informasi penting kepada pemilik perangkat seperti rute ke, dan lokasi di, Makkah tergantung pada lokasi atau posisi mereka saat ini.

 

Kombinasi GIS dan GPS.. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement