Selasa 16 Jul 2024 20:19 WIB

Sambut Lebaran Yatim, Kemenag Kalsel Bagikan 22 Ribu Paket Donasi

Momen 10 Muharram disemarakkan dengan Lebaran Yatim, yakni mengasihi anak-anak yatim.

ILUSTRASI Anak yatim.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
ILUSTRASI Anak yatim.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) membagikan lebih dari 22 ribu paket. Donasi itu dilakukan dalam rangka menyambut hari "Lebaran Yatim" yang bertepatan dengan tanggal 10 Muharram 1445 H atau 16 Juli 2024.

Baca Juga

"Kita bagikan untuk anak-anak yatim, termasuk juga anak tidak mampu dan yang disabilitas," ujar Kepala Kanwil Kemenag Kalsel, H Muhammad Tambrin kepada Antara di Banjarmasin, Selasa (16/7/2024).

Menurut dia, gelar Lebaran Yatim dilaksanakan di seluruh Indonesia, termasuk Kalsel. Serentak, pihaknya menggelar donasi tersebut di 13 kabupaten/kota provinsi setempat pada hari ini.

"Sebanyak 22 ribu paket ini dibagikan secara serentak hari ini oleh Kementerian Agama kabupaten/kota," paparnya.

Menurut Tambrin, paket-paket itu berisi makanan ringan, alat sekolah dan lainnya. Adapun sumber donasi merupakan sumbangan dari para pegawai Kemenag, baik di level provinsi maupun kabupaten/kota.

Selain itu, ungkap Tambrin, pihakny bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). Adapun tema yang diangkat, sesuai arahan dari Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, pada Lebaran Yatim kini adalah "Berbagi Cinta, Berlimpah Berkah."

Menurut dia, 10 Muharram merupakan momen istimewa bagi umat Islam. Berbagai peristiwa historis terjadi tepat pada tanggal ini. Misal, diturunkannya Nabi Adam AS ke bumi, berlayarnya bahtera Nabi Nuh, serta diangkatnya Nabi Isa AS ke langit oleh Allah SWT.

"Termasuk juga diselamatkannya Nabi Yunus dari dalam perut ikan paus, dan masih banyak lagi," ucapnya.

Sesuai anjuran Nabi Muhammad SAW, mengasihi anak yatim piatu adalah amal saleh yang patut disemarakkan. Dalam sebuah hadis dijelaskan, seorang Mukmin hendaknya suka mengusap kepala anak yatim sembari memberikan kasih sayang kepadanya.

Kegiatan Lebaran Yatim ini bertujuan berbagi kasih sayang kepada anak-anak yatim. Begitu pula kepada anak-anak dari keluarga yang tidak mampu dan para penyandang disabilitas.

"Kita berharap momen hari besar ini mereka merasakan kebahagiaan," demikian Tambrin.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement