Sabtu 29 Jun 2024 11:12 WIB

Tanda Kiamat Sudah Dekat, Semakin Banyak Orang Mengaku Utusan Allah

Dalam sejarah tercatat beberapa nama orang yang mengaku dirinya sebagai Nabi

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: A.Syalaby Ichsan
Nabi Palsu (ilustrasi)
Foto:

Masih banyak nabi palsu lainnya yang pernah muncul dalam sejarah Islam. Di Indonesia hal ini juga terjadi. Krisis akidah pada masyarakat menjadikan mereka mudah tertipu dan tergiur mengikuti ajakan Nabi-nabi palsu.

Dari semua itu, yang paling berpengaruh dan mencekam adalah dajjal yang akan muncul pada akhir zaman. Kemunculannya membawa misi memengaruhi banyak orang dan menggoda mereka untuk berpaling dari jalan Allah SWT.

Demikian penjelasan Tafsir Ilmi: Kiamat Dalam Perspektif Alquran dan Sains yang disusun Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), 2011.

Dalam hadits lainnya juga dijelaskan hal serupa.

حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ زَيْدٍ عَنْ أَيُّوبَ عَنْ أَبِي قِلَابَةَ عَنْ أَبِي أَسْمَاءَ الرَّحَبِيِّ عَنْ ثَوْبَانَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى تَلْحَقَ قَبَائِلُ مِنْ أُمَّتِي بِالْمُشْرِكِينَ وَحَتَّى يَعْبُدُوا الْأَوْثَانَ وَإِنَّهُ سَيَكُونُ فِي أُمَّتِي ثَلَاثُونَ كَذَّابُونَ كُلُّهُمْ يَزْعُمُ أَنَّهُ نَبِيٌّ وَأَنَا خَاتَمُ النَّبِيِّينَ لَا نَبِيَّ بَعْدِي قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ

Rasulullah SAW bersabda, "Kiamat tidak terjadi hingga kabilah-kabilah dari umatku bertemu kaum musyrikin dan hingga patung-patung disembah dan di tengah-tengah umatku akan ada 30 pendusta, semuanya mengaku Nabi padahal aku adalah penutup para Nabi, tidak ada Nabi setelahku." (HR Imam At-Tirmidzi)

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement