Selasa 02 Jul 2024 16:44 WIB

55 Tanda Kiamat Kecil yang Sebagian Telah Terjadi, Termasuk Budak Melahirkan Tuannya

Kiamat keniscayaan yang akan terjadi atas kehendak Allah SWT

Rep: Fuji E Permana / Red: Nashih Nashrullah
Hari Kiamat (Ilustrasi). Kiamat keniscayaan yang akan terjadi atas kehendak Allah SWT
Hari Kiamat (Ilustrasi). Kiamat keniscayaan yang akan terjadi atas kehendak Allah SWT

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Para ulama menyebut jumlah yang beragam tentang tanda-tanda kecil kiamat. Ada yang menyebut 59 ada pula yang menyebutkan lebih dari 60.

Termasuk ke dalam tanda-tanda kecil kiamat adalah ketika budak perempuan melahirkan tuannya. Hal itu diungkapkan dalam sebuah hadits Nabi Muhammad SAW, yang diriwayatkan Imam Muslim dari Umar bin Khatab dan cukup panjang.

Baca Juga

Pada suatu ketika, Rasulullah SAW ditanya oleh seorang lelaki, yang belakangan diketahui sebagai Malaikat Jibril dalam wujud manusia.

عن عمر بن الخطاب رضي الله تعالى عنه قال:... فأخبرني عن الساعة قال: ما المسئول عنها بأعلم من السائل قال : فأخبرني عن أماراتها قال أن تلد الأمة ربتها وأن ترى الحفاة العراة العالة رعاء الشاء يتطاولون في البنيان

"Dari Umar bin Khattab RA, (diriwayatkan bahwa) seorang lelaki bertanya (kepada Nabi SAW), 'Beritahukan kepadaku kapan terjadinya kiamat.'

Rasulullah SAW menjawab, 'Yang ditanya tidaklah lebih mengetahui daripada yang bertanya.'

Dia pun bertanya lagi, 'Beritahukan kepadaku tentang tanda-tandanya!'

Nabi SAW menjawab, 'Jika budak wanita telah melahirkan tuannya, jika engkau melihat orang yang bertelanjang kaki, tanpa memakai baju (miskin papa), serta gembala kambing telah saling berlomba dalam mendirikan bangunan megah yang menjulang tinggi.'" (HR Muslim).

Selain tanda itu, berikut tanda-tanda kiamat kecil sebagaimana dilansir dari buku Tafsir Ilmi: Kiamat Dalam Perspektif Alquran dan Sains secara utuh:

1. Lahirnya Nabi Muhammad SAW atau Rasulullah SAW. Alquran telah mengisyaratkan bahwa Rasulullah SAW adalah Nabi penutup (khatamun-nabiyyin).

2. Wafatnya Rasulullah SAW

3. Penaklukkan Baitul-Maqdis. Ulama berpendapat peristiwa ini sudah terjadi pada masa pemerintahan Umar bin al-Khattab pada tahun 16 H

4. Tersebarnya penyakit ta'un (penyakit menular) di Amwas (wilayah Palestina). Ibnu Hajar berkata, "Penyakit ini telah muncul pada zaman Umar bin al-Khattab setelah penaklukan Baitul-Maqdis yaitu pada tahun 18 Hijriyah."

5. Munculnya fitnah

6. Hilangnya sifat amanah. Amanah akan dihapuskan dari hati manusia sehingga ia menjadi pengkhianat, padahal sebelumnya ia adalah orang yang dapat dipercaya. Hal ini terjadi pada orang yang telah hilang rasa takutnya kepada Allah, lemah imannya, dan biasa bergaul dengan orang yang suka berkhianat, sehingga ia meniru temannya dan menjadi pengkhianat.

Jika sifat amanah telah hilang maka tunggulah datangnya hari Kiamat. Sahabat bertanya, “Bagaimana cara hilangnya amanah itu wahai Rasulullah,” Beliau menjawab, “Jika dipercayakan suatu urusan selain kepada ahlinya, maka tunggulah datangnya hari kiamat (kehancurannya).” (Riwayat Imam al-Bukhari dari Abu Hurairah)

7. Menyebarnya zina. Dalam satu hadis Nabi Muhammad SAW menjelaskan, "Di antara tanda- tanda hari Kiamat adalah munculnya zina (Riwayat Imam al- Bukhari).

Hadits lain menyebutkan...

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement